Wakil Wali Kota Depok Temui Mensos, Ada Apa?

DEPOK – Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono atau akrab disapa IBH baru saja menggelar pertemuan dengan Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini.

Pertemuan yang berlangsung di Gedung Kementerian Sosial (Kemensos) RI, Jakarta, Selasa (12/10) itu, ternyata telah lama diagendakan dan baru saja terealisasi. Sejumlah alasan penting menjadi landasan di balik pertemuan itu.

“Alasan utama bertemu dengan ibu Mensos (Tri Rismaharini) tak lain untuk menyampaikan sejumlah permasalahan sosial yang ada di Depok. Di antaranya menyangkut masalah bantuan sosial dan juga sejumlah permasalahan sosial lainnya,” ujar IBH, Selasa (12/10).

Dikatakan IBH, pemberian bantuan sosial kepada warga prasejahtera di Depok selama ini masih menuai banyak problem. Salah satunya menyangkut tumpang tindih data antar instansi di daerah maupun di pusat.

“Kita akui bahwa selama ini masalah yang sering muncul terkait penyaluran dana bansos selalu seputar tumpang tindih data. Sebagai contoh, data warga miskin yang dikantongi Dinas Sosial (Dinsos) berbeda dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), atau Badan Pusat Statistik (BPS),” jelasnya.

Terkait hal itu, pihaknya mengaku sedang dalam upaya pembenahan secara total. IBH menyebut akan segera diperbaiki masalah tumpang tindih data warga prasejahtera dalam waktu dekat ini.

“Sebab, semua permasalahan mengenai penyaluran bansos bermula dari sana. Entah itu penyaluran bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan sebagainya. Nah, kita ingin bereskan masalah yang di hulu ini terlebih dahulu. Sehingga pemberian bantuan benar-benar tepat sasaran,” tandasnya.

Dirinya mengatakan, dalam agenda pertemuan tersebut pihaknya disambut hangat oleh Risma (sapaan akrab Tri Rismaharini) bersama jajarannya di Kemensos.

Alhamdulillah, kami disambut hangat oleh Bu Risma dan seluruh jajarannya. Beliau sangat terbuka bahkan siap untuk berkoordinasi dengan Kota Depok dalam mengatasi permasalahan sosial yang dibahas pada pertemuan tersebut,” ujarnya.

Pihaknya berharap, usai dari pertemuan itu dapat memberi dampak positif utamanya dalam hal penanganan permasalahan sosial yang ada di Kota Belimbing tersebut.

“Intinya pertemuan dengan bu Mensos merupakan upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Depok untuk mengurai permasalahan sosial di daerah. Dengan begitu, harapan besar kita problem seputar disabilitas, lansia, PKH, Tagana, dan sebagainya dapat terkelola dengan baik,” papar IBH. (mg2)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan