Terapkan Kampus Merdeka, Mahasiswa Unla Bandung Sukses Jalankan PHP2D

 

BANDUNG – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Himpunan Mahasiswa Akuntansi, dan Himpunan Mahasiswa Manajemen Universitas Langlangbuana (Unla) Bandung, sukses menggelar Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) di Desa Pagerwangi, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung. Mereka adalah Kautsar Ath Thaariq, Moh. Wildan Hidayat, Fahzidan Putra Prasetyo, Husni Mauludin, Candra Maulana, Syafira Utari Putri, Ryantie Islami Putri, Meryola Christina  Lorosa, Ayu Nur Hamida, Ajeng Fitri Ningtiyas, Reza Nurul Azizah, dan Fajar Rama. Mereka pun berhasil melaksanakan kegiatan tersebut lantaran mendapatkan pembinaan dari Roro Arinda Reswanti J.P., S.E., M.A.B., sebagai dosen pembina Unla Bandung.

Humas Unla Bandung, Dudi Yudhakusuma, S.I.P , M.I.Kom menjelaskan, PHP2D merupakan kegiatan pembinaan dan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan atau Lembaga Eksekutif Mahasiswa.

Kegiatan mahasiswa tersebut kata dia, memiliki tujuan menumbuhkan rasa peduli dan berkontribusi kepada masyarakat Desa Pagerwangi, agar terbangun desa binaan yang aktif, mandiri, berwirausaha, dan sejahtera.
“Melalui kegiatan ini, mahasiswa kami diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat desa dalam mengembangkan potensi yang sudah ada atau yang telah dirintis oleh masyarakat Desa Pagerwangi untuk lebih berkembang,” harap Dudi Yudhakusuma, Selasa (12/10).
Menurut Dudi, PHP2D merupakan salah satu program kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dalam hal memenuhi hak belajar semester mahasiswa di luar program studi.

“Pelaksanaan PHP2D ini bekerja sama dengan berbagai perguruan tinggi yang ada di Indonesia yang salah satunya dengan Universitas Langlangbuana Bandung,” sebut Dudi.

Lebih jauh Dudi memaparkan, kegiatan tersebut terlaksana sejak Maret lalu hiangga Desember depan.

Kegiatan tersebut kata Dudi, dilaksanakan pihaknya setelah menerima informasi dari Kemendikbudristek, mengenai program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka. Pada April lalu merupakan awal pengajuan proposal dan persyaratan lain nya oleh pihak universitas ke website Kampus Merdeka. Selanjutnya penyeleksian administrasi proposal pada Mei lalu, dan pengumuman kelulusan seleksi tahap akhir pada Juli. Unla Bandung kata dia, salah satu kampus pendaftar yang dinyatakan lolos administrasi dari tahap seleksi program tersebut.

Tinggalkan Balasan