Progres Pengerjaan Jembatan GDC Depok, Persiapan Tahap Abutment

DEPOK – Pengerjaan jembatan di lokasi Grand Depok City (GDC), Kelurahan Kalimulya, Kecamatan Cilodong sampai sekarang masih dikebut. Untuk progres pembangunan saat ini sedang dalam persiapan tahap abutment.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok Citra Indah Yulianty menjelaskan, proyek yang diperkirakan memakan waktu kurang lebih 4 bulan itu baru saja selesai pemasangan tiang pancang.

“Sekarang sedang dalam pengerjaan pile cap di sisi pemancang yang telah terpasang. Untuk pengerjaan pile cap sendiri memerlukan waktu kurang lebih dua minggu,” kata Citra, Rabu (29/9).

Sebelum itu, lanjut dia, telah dilakukan pemasangan 160 tiang pancang di empat sisi jembatan. Dengan begitu, jembatan yang menelan anggaran senilai Rp 7 miliar itu kini mulai fokus menyelesaikan pengerjaan pile cap dan mempersiapkan pemasangan abutment.

Mengutip Panduan Teknik Pelaksanaan Jembatan Tahun 2019 dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Rabu (29/9), abutment adalah struktur bagian bawah jembatan terletak pada ujung-ujung jembatan, yang berfungsi sebagai dinding penahan tanah serta pemikul dan penyalur beban vertikal dan horizontal, yang terdistribusi dari struktur atas ke pondasi.

Dia menjelaskan, abutment merupakan konstruksi bangunan bawah jembatan yang posisinya berada pada kedua ujung pilar jembatan.

“Abutment sendiri memiliki fungsi sebagai pemikul seluruh beban jembatan. Ini dikarenakan abutment merupakan substruktur jembatan yang fungsinya untuk menopang superstruktur (bagian atas jembatan),” terangnya.

Dirinya berharap proses pengerjaan dapat selesai sesuai target waktu. Meskipun, saat ini kondisi cuaca di Depok sedang dalam kondisi kurang baik.

“Kita tahu saat ini Kota Depok sedang memasuki musim penghujan, yang tentu sedikit menghambat proses pengerjaan jembatan. Namun, kita tetap optimis pengerjaan jembatan dapat diselesaikan tepat waktu,” tandasnya. (Mg2)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan