oleh

Kejar Target, Pemprov Bakal Gelar Vaksinasi Door to Door

BANDUNG – Menuju 37 Juta Vaksinasi Warga Jabar akhir Desember 2021 nanti Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jawa Barat (Jabar) bakal menempuh dua cara dalam kampanyenya.

Pertama, vaksinasi massal di kab/kota dengan cara kolaborasi, kedua vaksinasi jemput bola dengan layanan door to door alias “pintu ke pintu” untuk mendatangi langsung masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat  Nina Susana Dewi, vaksinasi door to door Jabar dilakukan melalui program Saber Vaksinasi untuk menarget kelompok masyarakat yang selam ini kurang tersentuh kabupaten/kota.

Baca Juga:  Pemprov Jabar Kerja Sama dengan Universitas Nottingham, Tingkatkan Kualitas Lingkungan

“Vaksinasi door to door ini  khususnya untuk masyarakat yang mobilisasinya terbatas di daerah sulit dijangkau seperti disabilitas, lansia, bumil, juga ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) atau bila banyak yang tak bisa datang ke tempat pelayanan,” kata Nina di Kota Bandung Rabu Selasa (22/9).

Menurut Nina, vaksinasi secara door to door ini merupakan kebijakan yang lebih ke arah solusi terhadap kondisi yang ada. Dua tantangan dalam vaksinasi door to door adalah pertama, anggapan bahwa waktu pelayanan yang tidak secepat vaksinasi massal di satu titik.

Baca Juga:  Kemenkes Ungkap Tantangan Khusus Vaksinasi Masyarakat Adat dan Disabilitas

Kedua, ketersediaan sumber daya manusia. “Keterbatasan SDM serta harus memperkirakan logistik vaksin merupakan salah satu yang menjadi kendala pelaksanaan program vaksinasi secara door to door,” ujar Nina.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga