80 Persen Siswa di KBB Sudah Vaksinasi Covid-19

NGAMPRAH – Setidaknya 80 persen pelajar di atas usia 12 tahun di Kabupaten Bandung Barat (KBB) sudah menjalani vaksinasi Covid-19 dosis I untuk menunjang pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas sejak Senin (20/9).

Berdasarkan data Dinas Pendidikan KBB, PTM tersebut digelar secara serentak di 102 SMP, 472 SD, dan 900 lembaga pendidikan jenjang PAUD, Kober, dan SPS. Sedangkan, sekolah yang belum menggelar PTM tersebut sebanyak 293, yang terdiri dari 211 SD dan 82 SMP.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan KBB, Nurul Rasihan, mengatakan, sampai saat ini vaksinasi bagi pelajar saat PTM sudah digelar dan persentasenya hampir 100 persen.

“Datanya terus bergerak karena vaksinasi terus berjalan dan untuk pelajar tetap diprioritaskan supaya bisa mencapai 100 persen selama PTM berjalan,” ujar Nurul kepada wartawan, Rabu (22/9).

Nurul mengatakan, meski capaian vaksinasi bagi pelajar di KBB ini baru mencapai 80 persen, tetapi sudah ada wilayah yang capaian vaksinasinya sudah mencapai 100 persen saat PTM ini sudah digelar.

“Untuk capaian vaksinasi pelajar di setiap daerah sebetulnya berbeda. Misalnya, kalau di daerah Lembang sudah mencapai 100 persen,” kata Nurul.

Sementara jika melihat angka capaian yang sudah mencapai 80 persen itu, pihaknya yakin bahwa vaksinasi terhadap pelajar ini bakal tercapai 100 persen dalam waktu dekat ini.

“Vaksinasi bagi pelajar harus 100 persen karena itu target kita. Sekarang di KBB sudah ada gebyar vaksinasinya di berbagai kecamatan, termasuk di Kecamatan Lembang,” ucapnya.

Pihaknya sendiri menargetkan progres vaksinasi Covid-19 khususnya dosis I untuk semua kategori bisa mencapai 50 persen pada akhir September mendatang.

Sementara berdasarkan catatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Bandung Barat saat ini vaksinasi Covid-19 dosis I baru untuk semua kategori termasuk pelajar dan ibu hamil baru mencapai 32 persen.

“Sekarang kita sudah mencapai 32 persen. Memang berproses terus untuk vaksinasinya. Diharapkan sampai akhir September bisa memenuhi 50 persen,” pungkasnya. (mg6)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan