Komisi I DPRD Jabar Kunjungi Posyantek Desa Juara Nasional

SUMEDANG – Sang Juara I Nasional Posyantek Desa Berprestasi,  Posyantek Desa Gudang Kec. Tanjungsari, Kab. Sumedang, mendapat kehormatan kunjungan dari Komisi I DPRD Prov. Jabar, Rabu (22/09/2021).

Rombongan yang terdiri dari Ridwan Solichin (FPKS), H. Nasir (FPKB), dan Rafael Situmorang (FPDI-P), dipimpin Sekretaris Komisi I DPRD Prov. Jabar, Sadar Muslihat, SH.

Dalam kunjungan tersebut, turut hadir mendampingi Sektetaris DPMD Prov. Jabar, Wahyudin, S.Sos., MM, Kasi Pengembangan & Pendayagunaan TTG, DPMD Kab. Sumedang, Camat Tanjungsari, Kepala Desa Gudang, dan jajaran Posyantek.

Kedatangan Komisi I DPRD Prov. Jabar di Desa Gudang, selain memberikan motivasi & apresiasi atas keberhasilannya menjadi Juara I Nasional Posyantek Desa Berprestasi pada ajang lomba pada Gelar TTG Nasional 2021, juga dimaksudkan untuk melakukan evaluasi pelaksanaan berbagai program/kegiatan maupun bantuan di Desa Gudang.

Sekretaris Komisi I DPRD Prov. Jabar menuturkan, bahwa desa menjadi penting. Desa saat ini menjadi primadona. Banyak program/kegiatan juga bantuan yang dikucurkan ke desa.

“Sejak Dana Desa digulirkan sekian tahun, seharusnya perkembangan desa sudah terlihat. Tapi kenyataan di lapangan tidak demikian. Berarti ada sesuatu yang belum berjalan dengan benar,” ungkapnya.

“Seharusnya pada tahun kesebelas itu tidak lagi membangun infrastruktur. Sudah harus memikirkan pemberdayaan. Dan lebih penting apakah program-program desa dirasakan oleh masyarakat,” jelasnya.

Sementara terkait berbagai hasil inovasi Posyantek Desa Gudang dirapikan dan dibuatkan modul agar dapat diadopsi oleh desa-desa lainnya. Lebih jauh, Sadar Muslihat yang juga anggota FPKS, perlu dipikirkan ada nilai komersial dari inovasi tersebut.

Mengakhiri kunjungan kerja sehari di Desa Gudang, rombongan meninjau biodigister portabel yang sudah dimanfaatkan di salah satu rumah warga. (win)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan