Puluhan Tahun Gelap, Sebentar Lagi Kampung Cigumentong Teraliri Listrik

SUMEDANG – Satu kampung di wilayah Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat selama puluhan tahun belum dapat menikmati manfaat listrik.

Daerah tersebut berlokasi di Kampung Cigumentong, Desa Sindulang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang.

Mirisnya, selama puluhan tahun warga Kampung Cigumentong jangankan menonton televisi, merasakan terangnya malam dengan lampu saja merupakan hal yang mewah.

Akan tetapi, setelah sekian lama tak menikmati manfaat listrik secara maksimal, kini sebentar lagi warga Kampung Cigumentong dapat merasakan terangnya malam oleh lampu.

Ketua RT03 sekaligus Ketua Kampung Cigumentong, Dadang, 47, menyampaikan kebahagiaannya karena tak lama lagi Kampung Cigumentong akan teraliri listrik.

“Sekarang baru beres pemasangan jalur (kabel listrik) dan rencana selanjutnya pemasangan KWH,” kata Dadang di kediamannya, Selasa (21/9).

Diketahui, wilayah serta jalur menuju Kampung Cigumentong telah selesai dipasang tiang-tiang dan kabel listrik.

“Alhamdulillah, selama proses pemasangan tiang dan kabel listrik diawasi oleh pihak BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam),” pungkas Dadang.

Dalam pemaparannya, Dadang mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Sumedang, BKSDA, PLN, kecamatan serta desa dan pihak-pihak terkait yang sudah membantu dalam merealisasikan terpasangnya sarana listrik di Kampung Cigumentong.

Sementara itu, Camat Cimanggung, Dikdik Syeh Rizki melalui Kasubag Program dan Kepegawaian, Didin Wahyudin mengatakan, terealisasinya listrik di Kampung Cigumentong merupakan capaian warga yang diwakili oleh Dadang serta dukungan penuh dari pihak pemerintah.

“Saya ke sana juga buat mantau dan lihat perkembangan pemasangan listrik di sana. Alhamdulillah sebentar lagi warga bisa menikmati listrik,” imbuh Didin.

Mantan Plt Kepala Desa Sindulang yang menaungi Kampung Cigumentong itu juga berujar, perjuangan serta kesabaran warga akhirnya membuahkan hasil.

“Kita dari kecamatan akan terus dukung dan pantau perkembangannya. Semoga bulan (September) ini selesai dan warga bisa merasakan terangnya malam pakai lampu dan bisa nonton tv juga,” tutur Didin.

Didin berharap, dengan teralirinya listrik sebentar lagi di Kampung Cigumentong, para warga dapat merasakan nikmatnya manfaat listrik.

“Semoga dengan teralirinya listrik di Cigumentong bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya,” tutup Didin. (mg5)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan