oleh

Cerita Di Balik Nama Masjid Jami Tine Tang

Masjid  yang terletak di area Tol Lingkar Luar Bogor Ring Road, ini cukup menarik perhatian masyarakat. Hal itu karena arsitekur dan namanya yg unik, bergaya Tionghoa dan diberi nama Masjid Jami Tine Tang. Masjid tersebut diresmikan oleh Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto, 8 April 2021 lalu.

Pengusaha jalan tol, Mohammad Jusuf Hamka sebagai pemrakarsa pembangunan Masjid ini, menuturkan bagaimana cerita  dibalik pemberian nama masjid dan kenapa Menko Airlangga yang meresmikannya.

Baca Juga:  Airlangga: Inflasi Dipastikan Terkendali, Meski Sektor Manufaktur Meningkat

Jusuf Hamka yang juga akrab disapa Babah Alun menceritakan, Masjid tersebut dari awal memang ia bangun.

Sebelumnya Jusuf juga sudah membangun Masjid bergaya oriental di kolong Tol Layang Tanjung Priok, Papanggo, lalu di kolong tol Ir Wiyoto, Jalan Pasir Putih, Ancol, Pademangan, dan satu satu lagi di pinggiran Tol Depok-Antasari, Cilandak, Jakarta Selatan.

Semuanya ia beri nama Masjid Babah Alun. Masjid di Tol Lingkar Luar Bogor ini rencana awalnya akan menjadi Masjid Babah Alun yang ke empat.

Baca Juga:  Pencegahan Korupsi  untuk Ciptakan Ekosistem Bisnis Bersih dan Tingkatkan Kepercayaan Investor

Namun suatu ketika, Jusuf yang juga menjadi salah satu staf khusus Menko Perekonomian, mendapat pertanyaan dari Menko Perekonomian Airlangga yang saat itu baru melewati Masjid yg tengah dibangunnya.

“Suf, itu masjid siapa si?” “Oh, masjid saya, Pak, saya yang mau buat”,  ujar Jusuf Hamka.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga