Tahun Ajaran Baru Dimulai, Begini Pesan Menteri Nadiem untuk Para Mahasiswa

JAKARTA – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim, mendorong para mahasiswa melakukan strategi terbaik guna memaksimalkan masa perkuliahan. Menurutnya, mahasiswa Indonesia mempunyai potensi tak terbatas dan kreativitas yang tak terbendung.

“Pengembangan potensi diri tidak pernah mengenal batas dan masa perkuliahan merupakan waktu yang tepat untuk mengeksplorasi potensi tersebut,” ujar dia dalam Festival Mahasiswa Baru dan Pelajar Indonesia Tahun 2021 secara daring dikutip, Kamis (2/9).

Potensi diri yang dipupuk dan dikembangkan dengan tepat sejak kuliah, menurutnya bermanfaat dalam mempersiapkan mahasiswa Indonesia yang kelak akan menjadi pemimpin bangsa. Ia juga memberi wejangan untuk memaksimalkan masa perkuliahan guna tercapainya cita-cita.

“Pertama adalah bagaimana cara memulai dan kapan para mahasiswa harus memulai. Kita harus mengubah persepsi, berani mengambil risiko, dan harus ada aksi dalam mencapai suatu tujuan,” paparnya.

Menggali potensi diri serta improvisasi merupakan langkah kunci untuk menggapai keberhasilan. Hal tersebut bisa melalui platform digital, serta memperdalam dengan membaca buku yang disukai.

“Pengembangan jejaring merupakan tips yang penting kita bisa berteman dan makin banyak pertemanan kita bisa menjadi magnet bagi orang sekitar dan lingkungan yang sedang memperdalam bidang yang juga kita tekuni,” tuturnya.

Saat ini, adapula Kampus Merdeka yang memberikan kemerdekaan bagi mahasiswa belajar di luar program studinya sesuai dengan potensi dan kemauannya. Mahasiswa dapat mengikuti pertukaran pelajar, magang bersertifikat di industri, riset, mengajar, proyek di desa, kewirausahaan, studi independen hingga proyek kemanusiaan.

Kepada para mahasiswa, ia berpesan untuk dapat memanfaatkan kesempatan belajar di luar kampus. Sebab saat ini sangat banyak kesempatan di dalam atau di luar kampus yang sudah dibuka dengan berbagai kebijakan Kampus Merdeka.

“Saya mengajak untuk adik-adik SMA yang akan melanjutkan ke universitas atau yang sudah kuliah, gunakanlah kesempatan ini untuk belajar di luar kampus untuk mendapatkan SKS penuh. Kesempatan berharga ini jangan di sia-siakan,” pungkas Nadiem. (jawapos)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan