Semarakkan HUT RI Dengan Perlombaan Melalui Digitalisasi

BALEENDAH – Bupati Bandung Dadang Supriatna mengajak masyarakat untuk lebih kreatif serta tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) dalam memperingati HUT RI ke-76. Pasalnya saat ini Kabupaten Bandung masih dalam pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4.

“Sehingga, lomba yang sifatnya mengundang kerumunan lebih baik ditiadakan. Masyarakat bisa lebih kreatif lagi, misalnya mengadakan perlombaan melalui teknologi digital. Jadi, atmosfer perayaan kemerdekaannya tetap bisa dirasakan,” kata Dadang usai Peringatan Hari Veteran Nasional Ke-72 Tahun 2021 di Gedung Juang, Baleendah, Selasa (10/8) kemarin.

Meskipun diperingati di tengah pandemi covid-19, Dadang menuturkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung akan tetap melaksanakan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih.

Upacara kemerdekaan tersebut, lanjut Dadang, akan dilaksanakan di Lapangan Upakarti dan diselenggarakan secara terbatas dengan menerapkan prokes yang ketat.

“Kami akan tetap melaksanakan upacara Pengibaran Bendera Merah Putih, tentunya dengan prokes yang lengkap. Setelah upacara di tingkat kabupaten, kami juga akan mengikuti upacara pengibaran dan penurunan bendera bersama Pak Presiden secara virtual,” kata Kang DS sapaan akrabnya.

Melalui peringatan Hari Veteran Nasional ini, Kang DS berharap, generasi muda Kabupaten Bandung dapat mewarisi nilai-nilai juang serta nasionalisme para veteran. Dadang meyakini, hal itu dapat menjadi kekuatan dalam perjuangan Bangsa Indonesia di masa yang akan datang.

“Kedepannya, kami juga memiliki program muatan lokal. Di mana seluruh pelajar wajib memahami Kebhinekaan, butir butir Pancasila serta Undang-Undang Dasar 1945. Karena kami yakin, menanamkan karakter patriotisme sejak dini adalah cara paling efektif,” paparnya.

Selain itu, guna meningkatkan herd immunity, Kang DS menyampaikan akan terus melaksanakan program vaksinasi. Selain fokus pada daerah yang akan melaksanakan pilkades serentak, pihaknya juga akan menjadikan veteran sebagai sasaran vaksinasi selanjutnya.

“Dalam sebulan 18 veteran di Kabupaten Bandung meninggal dunia, sehingga Pemkab Bandung siapkan vaksinasi untuk veteran,” kata Kang DS.

Kang DS juga mengatakan, saat ini tempat vaksinasi yang ada di wilayah kabupaten Bandung baru ada 7 titik, diantaranya Telkom University, Si Jalak Harupat, dan 5 tersebar ditempat lainnya. Sehingga, pihaknya akan menambahkan tempat isolasi di wilayah Kecamatan Baleendah, karena kecamatan ini daerah padat penduduk.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan