Nunggak Bayar Sewa Kamar, Ratusan Penghuni Rusunawa di Cimahi 

CIMAHI – Dampak pandemi COVID-19 masih dirasakan para penghuni Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) di Kota Cimahi. Imbasnya, mereka harus menunggak uang sewa bulanan.

Berdasarkan Unit Pelaksana Teknis Daerah pada Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) Kota Cimahi, ada 256 penghuni Rusunawa di Kota Cimahi menunggak uang sewa bulanan tahun ini.

Besaran tunggakannya mencapai Rp 269.804.500 dari tiga titik Rusunawa di Kota Cimahi yang terdata sejak Januari hingga Juni 2021. Para penghuni yang menunggak pun terus diberikan surat tagihan.

Kepala UPTD pada DPKP Kota Cimahi, Firmansyah mengungkapkan, alasan yang disampaikan para penghuni yang menunggak uang sewa bulanan dikarenakan kondisi ekonominya terpukul akibat pandemi COVID-19.

“Dampak pandemi ini masih dirasakan, termasuk para penghuni Rusunawa. Jadi banyak yang nunggak karena penghasilannya terdampak,” ungkap Firmansyah, Selasa (27/7).

Total penghuni Rusunawa Cibeureum sendiri mencapai 317 dari total 353 hunian. Penghuni Rusunawa Cigugur Tengah ada 179 penghuni dari total 192 kamar yang tersedia serta Rusunawa Leuwigajah ada 227 penghuni dari total 297 kamar.

Mayoritas penghuni Rusunawa di Kota Cimahi merupakan karyawan swasta, pedagang hingga pengemudi ojek online. “Alasannya ada yang karena dirumahkan, ada juga sepi jualannya sampai sepi order yang ojek online,” terang Firmansyah.

Tarif sewa Rusunawa di Kota Cimahi sendiri tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 3 Tahun 2017 tentang Retribusi Jasa Usaha, yang dikuatkan dengan Peraturan Walikota (Perwal) Cimahi Nomor 47 Tahun 2019 tentang Tarif Retribusi Rusunawa maksimal tanggal 20.

Sesuai Perda dan Perwal, tarif Rusunawa dibedakan sesuai tipe. Seperti Rusunawa Cigugur Tengah tipe 32. Untuk lantai 1 tarifnya Rp 15 ribu per meterpersegi per bulan. Lantai II Rp 365 ribu per bulan, lantai III Rp 350 ribu per bulan, lantai IV Rp 335 ribu per bulan dan lantai V Rp 320 ribu per bulan.

Rusunawa Leuwigajah tipe 24 untuk lantai I tarif retribusinya Rp 15 ribu per meter per bulan. Kemudian lantai I (non difabel) Rp 415 ribu per bulan, lantai I (difabel) Rp. 400  ribu per bulan.

Lantai II Rp 400 ribu per bulan, lantai III Rp 385 ribu per bulan, lantai IV Rp 370 ribu per bulan dan lantai V Rp 335 per bulan. “Kalau Rusunawa Cibeureum tipe 24 itu tarifnya sama seperti Rusunawa Leuigajah tipe 24,” ucap Firmansyah

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan