Seminar Integrasi Ekosistem Ultra Mikro, Percepat Proses Inklusi dan Literasi Keuangan

“Di tahun 2024 ditargetkan Ekosistem UMi akan melayani 29 juta usaha UMi di 4 segmen nasabah prioritas melalui 4 model bisnis. Dengan begini akan secara signifikan meningkatkan aksesibilitas usaha UMi melalui jaringan distribusi yang terintegrasi,” tuturnya.

Ia pun mengapresiasi pada pelaku UMKM terkait beberapa hal penting yang sudah diberikan untuk ekonomi Indonesia. Sebab, sumbangsih kepada perekonomian Indonesia berasal dari usaha kecil dan menengah.

“Secara kesuluruhan usaha mikro, usaha kecil dan menengah berkontribusi besar sekitar 58% terhadap PDB Indonesia. Selain itu, sumbangsih dari usaha mikro, kecil dan menengah juga menjadi penyerap sekitar 116 juta tenaga kerja,” katanya.

Kedua, dari sisi jumlah, berdasarkan data dari paparan ekosistem ultra mikro (holding ultra mikro) jumlah usaha mikro di Indonesia adalah sebesar 64% dari jumlah usaha d Indonesia.

“Adanya pertumbuhan yang cukup baik dari pelaku usaha. Berbicara mengenai pertumbuhan, baik usaha mikro, usaha kecil dan menengah memiliki trend pertumbuhan yang terus meningkat sejak 2010 (di luar kondisi pandemi),” cetusnya.

“Dari fakta yang kita punya ini, kita tentunya sangat bangga dengan kemauan yang keras, perjuangan yang besar, dan inovasi yang tiada henti untuk menjadikan setiap usaha menjadi sumber rejeki, penggerak ekonomi keluarga, daerah hingga penggerak ekonomi skala nasional,” tambahnya.

Terakhir, ia mengatakan, perkembangan dunia usaha khsususnya usaha mikro dan ultra mikro adalah perjuangan bersama.

Sehingga pelaku usaha untuk tetap bertahan ditengah kondisi yang kurang baik seperti saat pandemi ini.

“Kami berharap ekosistem UMi ini akan memberikan dampak terhadap adanya layanan produk yang lebih lengkap dan potensi pendanaan yang lebih murah untuk 29 juta usaha UMi di tahun 2024,” harapnya.

Ia menegaskan, tidak akan nada perjuangan yang tidak menghasilkan suatu hal yang positif nantinya.

“Selama kita bekerja sama, berjuang bersama, saling mengisi dan memberikan perubahan ke arah yang lebih baik, Insyaallah solusi yang kita nantikan akan datang dan membuat ekonomi kita semakin kuat,” paparnya.

“Kami di DPR bersama para mitra saling memberikan tantangan terhadap satu sama lain, untuk mencari solusi terbaik tentang regulasi atau program yang bisa membantu teman-teman di dunia usaha,” pungkasnya. (win)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan