Bantaran Sungai Citarum Harus Kembali Hijau

BOJONGSOANG – Untuk normalisasi dan revitalisasi Sungai Citarum, Camat Bojongsoang Aep Muslim bersama organisasi kemasyarakatan GPP-NKRI melakukan kegiatan peletakan batu pertama pembangunan tempat pengolahan sedimentasi air di sekitar Sungai Citarum, wilayah Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Minggu (6/6).

Aep mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila. Selain kegiatan peletakan batu pertama untuk pembangunan tempat pengolahan sedimentasi air, pihaknya pun melakukan penanaman pohon di bantaran Sungai Citarum.

“Saya sangat antusias pada GPP-NKRI, dalam rangka Lahir Pancasila ini melakukan kegiatan sedimentasi di sekitar Sungai Citarum. Saya berharap dalam rangka ngamumule Citarum ini tidak hanya seremonial saja, tapi harus dilakukan secara rutin,” ungkap Aep saat diwawancara, Minggu (6/6).

Namun, lanjut Aep, kegiatan penanaman pohon sudah sering dilakukan di bantaran Sungai Citarum, tetapi, kata Aep, pohon-pohon telah ditanam tersebut tak sedikit yang hilang.

“Setelah adanya pemantauan dan pemeliharaan oleh pihak TNI, Polri, maupun masyarakat, pohon yang sudah ditanam di bantaran Sungai Citarum tidak ada lagi yang hilang. Bahkan saat ini bantaran Sungai Citarum berangsur hijau,” kata Aep.

Selain itu, ungkap Aep, dirinya mengimbau kepada masyarakat di sekitar Sungai Citarum agar tidak membuang sampah sembarangan, apalagi membuangnya ke Sungai Citarum.

“Kami berharap masyarakat sadar lingkungan, tidak membuang sampah sembarangan, apalagi ke Sungai Citarum, pasalnya, saat ini Sungai sudah terlihat baik, airnya udah lumayan dalam sehingga lumpurnya pun sudah berkurang,” tandasnya. (yul)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan