oleh

Rp 100 Miliar untuk Anggaran ‘Menara Kujang Sapasang’, Dewan: Sangat Tidak Tepat Sasaran

BANDUNG – Rencana pembangunan ‘Menara Kujang Sapasang’ di destinasi wisata waduk Jatigede, Kabupaten Sumedang pada Juni 2021 menjadi soal.

Pasalnya, proyek senilai Rp 100 miliar berasal dari Bantuan Keuangan Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) Jawa Barat (Jabar).

Sekretaris Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jabar, R Yunandar Rukhiadi Eka Perwira membenarkan bahwa ‘Menara Kujang Sapasang’ itu merupakan projek Bantuan Keuangan.

Projek tersebut merupakan usulan dari Kabupaten Sumedang yang dibiayai APBD Provinsi pada tahun 2021.

Baca Juga:  Tanggapi Aksi Bullying Pelajar di Sarijadi, Begini Komentar Dewan

“Kalau diselenggarakan 2021, maka perencanaannya tahun 2020. Saya melihat memang tujuan Kabupaten Sumedang itu adalah untuk mempunyai semacam Icon. Terutama sektor pariwisata di Jatigede,” ucap Yunandar saat dihubungi Jabar Ekspres, Rabu (26/5).

Ia mengatakan, pembuatan ‘Menara Kujang Sapasang’ dirasa kurang pas jika dilakukan di masa pandemi. Sebab pada Tahun Anggaran 2020, Pemprov Jabar mengalami refocusing di berbagai sektor untuk penanganan Covid-19.

Baca Juga:  Tanggapi Aksi Bullying Pelajar di Sarijadi, Begini Komentar Dewan

“Masalahnya ialah pendanaan ini kan di Provinsi. Sementara kita sama-sama tahu banyak anggaran Provinsi yang di-refocusing pada tahun 2020 untuk kepentingan penanggulangan Covid-19. Baik dari segi kesehatan maupun sosial,” katanya.

“Totalnya lebih dari Rp3 Triliun yang di-refocusing. Khusus anggaran penanggulan Covid-19 ini. Namun dari anggaran sebesar itu baru ada Rp14 Miliar untuk pemulihan ekonomi pada tahun 2020,” imbuhnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga