oleh

Rp 5 Miliar Disiapkan Pemda KBB untuk Anggaran Pilkades

BANDUNG BARAT – Pemerintah Kabupaten Bandung Barat (KBB) menyiapkan anggaran sebesar Rp 5 miliar untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak tahun 2021 di Kabupaten Bandung Barat.

Bantuan Keuangan (Bankeu) yang disediakan untuk Pilkades serentak yang digelar di 41 desa tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemda KBB.

Baca Juga: Dadang Supriatna Targetkan Masalah Asep Pemkab Harus segera Dibenahi

“Anggaran yang disiapkan sebesar Rp 5.159.957.750. Itu untuk menggelar Pilkades yang digelar di 41 desa tahun ini,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) KBB, Wandiana, Selasa (18/5)

Baca Juga:  Terpakai Sedikit, Lahan Pemakaman Covid-19 di KBB

Dia menyebutkan, besarnya anggaran tersebut akan dialokasikan ke masing-masing desa dengan jumlah yang berbeda-beda. Indikatornya tergantung dari jumlah pemilik suara yang tercantum sesuai Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkades.

Baca Juga: Menkes Soroti Minimnya Vaksinasi Lansia di Jabar

“Perhitungan anggaran yang diterima setiap desa adalah, DPT dikalikan Rp 15 ribu. Jadi makin banyak DPT-nya, makin besar anggaran yang diterima desa,” terangnya.

Baca Juga:  Pemda KBB Tunda Pembangunan Stadion Sepak Bola PON Jabar 2022

Sesuai SK Bupati Bandung Barat bernomor 900/Kep.248-DPMD/2021, bankeu Pilkades terbesar diperoleh Desa Cihanjuang, Kecamatan Parongpong dengan nominal Rp 241.546.750 dan terkecil Desa Kidangpananjung, Kecamatan Cililin, sebesar Rp 70.155.250.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga