Ada-ada saja! di Darat Disekat, Nelayan Asal Mundu Nekat Mudik Naik Perahu

CIREBON – Untuk menghindari penyekatan dan larangan mudik, nelayan asal Mundu, Kabupaten Cirebon, yang tengah mencari ikan di Jakarta mudik pakai perahu.

Salah satu nelayan Mundu, Hasan Basri mengatakan, dirinya bersama dengan nelayan Mundu lainnya menempuh perjalanan melintasi lautan dari Jakarta ke Cirebon.

“Kemarin Sabtu (24/4/2021) malam dari Jakarta. Baru pada sampai ke Mundu. Semua dari Jakarta naik perahu,” ujarnya.

Hasan mengatakan dirinya dan nelayan lainnya sebelumnya mencari rajungan di perairan Jakarta. Sebab, tangkapan ini tidak ada di wilayah Cirebon.

Biasanya, para nelayan menggunakan bus untuk bolak Cirebon-Jakarta. Namun karena ada pengetatan dan larangan mudik, akhirnya mereka menggunakan perahu.

“Mau pulang pakai bus ke Cirebon, tetapi takutnya disuruh balik lagi. Katanya pemerintah melarang mudik, jadi kita pulang ke Cirebon bawa balik lagi perahu kita ke Cirebon,” ujarnya.

Hasan mengatakan dirinya mudik gunakan perahu tidak sendirian. Ada kurang lebih 20 perahu yang berangkat dari Jakarta ke Cirebon.

“Kalau perahu jarak jauh harus barengan, kita khawatir ada sesuatu kalau sendirian, di laut kan cuacanya tidak menentu,” ungkapnya.

Perjalanan dari Jakarta menuju Cirebon menggunakan perahu memakan waktu yang cukup lama. Bisa menghabiskan waktu dua hari dua malam. Itu pun tidak berenti.

Begitupun biaya solar cukup besar untuk menggunakan perahu mudik ke Cirebon.

“Solarnya antara Rp800 ribu sampai satu juta. Belum untuk makan minum selama di perahu,” ujarnya.

CIREBON – Sejumlah nelayan dari Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon melakukan mudik lewat laut dari Jakarta, karena khawatir dengan penyekatan di jalur darat.

Sementara itu, mendengar nelayan pada mudik lewat laut Satpolair Polresta Cirebon melakukan patroli perairan wilayah hukum Polresta Cirebon.

Hal tersebut diungkapkan Kapolresta Cirebon Kombes Pol M Syahduddi kepada radarcirebon.com (grup Jabarekspres.com)

“Saya sudah mendengar adanya para nelayan yang mudik menggunakan perahu. Namun yang kemarin itu nelayan asal Mundu jadi masuknya wilayah hukum Polres Cirebon Kota. Saya sudah memerintahkan Kasatpolair untuk terus melakukan patroli antisipasi ,” ujar Syahduddi.

Kombes Pol M Syahduddi menuturkan, pihaknya berkoordinasi dengan pihak Dinkes Kabupaten untuk melakukan rapid test antigen bila ada pemudik nelayan yang masuk ke Kabupaten Cirebon melalui jalur laut.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan