oleh

Ada-ada saja! di Darat Disekat, Nelayan Asal Mundu Nekat Mudik Naik Perahu

CIREBON – Untuk menghindari penyekatan dan larangan mudik, nelayan asal Mundu, Kabupaten Cirebon, yang tengah mencari ikan di Jakarta mudik pakai perahu.

Salah satu nelayan Mundu, Hasan Basri mengatakan, dirinya bersama dengan nelayan Mundu lainnya menempuh perjalanan melintasi lautan dari Jakarta ke Cirebon.

“Kemarin Sabtu (24/4/2021) malam dari Jakarta. Baru pada sampai ke Mundu. Semua dari Jakarta naik perahu,” ujarnya.

Hasan mengatakan dirinya dan nelayan lainnya sebelumnya mencari rajungan di perairan Jakarta. Sebab, tangkapan ini tidak ada di wilayah Cirebon.

Biasanya, para nelayan menggunakan bus untuk bolak Cirebon-Jakarta. Namun karena ada pengetatan dan larangan mudik, akhirnya mereka menggunakan perahu.

“Mau pulang pakai bus ke Cirebon, tetapi takutnya disuruh balik lagi. Katanya pemerintah melarang mudik, jadi kita pulang ke Cirebon bawa balik lagi perahu kita ke Cirebon,” ujarnya.

Hasan mengatakan dirinya mudik gunakan perahu tidak sendirian. Ada kurang lebih 20 perahu yang berangkat dari Jakarta ke Cirebon.

“Kalau perahu jarak jauh harus barengan, kita khawatir ada sesuatu kalau sendirian, di laut kan cuacanya tidak menentu,” ungkapnya.

Perjalanan dari Jakarta menuju Cirebon menggunakan perahu memakan waktu yang cukup lama. Bisa menghabiskan waktu dua hari dua malam. Itu pun tidak berenti.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Baca Juga