Prof Sanusi Uwes Nahkodai Partai Ummat Jawa Barat

BANDUNG – Prof. Sanusi Uwes terpilih sebagai Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Ummat Jawa Barat (Jabar) yang ditetapkan oleh Tim Persiapan Pendirian Partai Ummat (TP3U).

TP3U menilai, Prof Sanusi Uwes dinilai sosok yang paling layak untuk memimpin Partai Ummat di Jabar.

“Prof. Sanusi Uwes jadi ketua DPW Jawa Barat bukan karena kontestasi atau keinginan pribadinya, tapi dorongan dari TP3U yang memandang Prof. Sanusi Uwes lebih tepat jadi figur pimpinan partai di tahap pertama,” kata Anggota PIC Partai Ummat Jawa Barat Uum Syarif Usman, Rabu (5/5) dilansir rmoljabar.

Uum menjelaskan, dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Partai Ummat yang digelar di Yogyakarta beberapa waktu lalu, telah disepakati jika pembentukan pengurus Partai Ummat di daerah mulai dari tingkat Provinsi, Kabupaten/Kota, hingga kecamatan dipilih lewat musyawarah TP3U.

Menurutnya, penetapan Ketua berdasarkan musyawarah TP3U di setiap tingkatan, merupakan salah satu langkah Partai Ummat agar cepat mendapatkan legalitas dan terdaftar sebagai Partai Politik di Kementrian Hukum dan HAM.

“Jadi siapapun yang dipercaya saat ini di tahap awal sebagai pimpinan partai, lebih sebagai amanat tim untuk mengantarkan ke tahap pendirian partai. Semua mendapat pengesahan dengan SK DPP langsung,” tuturnya.

Lebih lanjut Uum menjelaskan, Partai Ummat belum akan melaksanakan kontestasi pemilihan ketua pengurus wilayah lewat jalur demokrasi.

Ke depan, kontestasi pemilihan ketua pengurus partai di wilayah akan menggunakan sistem demokrasi jika Partai Ummat telah ditetapkan sebagai salah satu kontestan politik dalam Pemilu.

“Semua konsolidasi berada dalam pengendalian pusat langsung. Kami masih berjuang untuk memenuhi syarat di Kemenkumham dan berupaya lolos verifikasi KPU. Dinamika yang dianggap kurang sejalan dan tidak sesuai atau belum penting untuk dilakukan tentu tidak kami lakukan,” jelasnya.

Mekanisme partai yang dijelaskan Uum sekaligus mematahkan kengototan mantan Wakil Bupati Bandung, Deden Rukman Rumaji yang berambisi untuk menjadi Ketua DPW Partai Ummat Jawa Barat. Menurut dia, tidak ada rivalitas antar tokoh dalam pemilihan Ketua DPW Partai Ummat Jawa Barat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan