oleh

Sentimen Anti Asia Meningkat, Dua WNI di AS Diserang Orang Tak Dikenal

JAKARTA – Konsulat Jenderal RI (KJRI) di New York, Amerika Serikat, telah melakukan komunikasi ke Kantor Wali Kota Philadelphia, Pennsylavania, Amerika Serikat untuk menyampaikan keprihatinan mengenai aksi penyerangan terhadap dua warga negara Indonesia (WNI).

“KJRI New York sudah melakukan komunikasi dengan Kantor Wali Kota Philadelphia sampaikan concern… sambil tentunya hormati privacy act,” kata Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi melalui pesan singkat diterima di Jakarta, Sabtu, (27/3).

Saat ini, kepolisian yang berwenang di Philadelphia sedang menyelidiki rekaman dari closed-circuit television (CCTV).

Terkait dengan perkembangan situasi di AS saat ini, kata Retno, seluruh perwakilan Indonesia sudah dan akan terus-menerus mengeluarkan imbauan kepada WNI di AS untuk bersikap waspada dan hati-hati.

 

Terkait: Kisah Meningkatnya Sentimen Anti Asia di AS yang Picu Kampanye #StopAsianHate

 

Jika mengalami insiden, para WNI juga diminta segera melaporkan ke aparat keamanan setempat atau pusat kontak perwakilan RI.

“Perwakilan RI juga terus lakukan komunikasi dengan simpul-simpul masyarakat dan mahasiswa Indonesia di AS,” ujarnya.

Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kemenlu Ngurah Swajaya juga telah berbicara langsung dengan Duta Besar Sung Kim sebagai Acting Assistant Secretary for East Asia and Pacific Kementerian Luar Negeri AS untuk memohon perhatian perlindungan dan keselamatan WNI di AS.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga