Saking Banyaknya Sampah di Bendungan Jatigede, Polres Sumedang Lakukan Pembersihan Lebih dari Satu Hari

SUMEDANG – Polres Sumedang lakukan pembersihan sampah di hulu sungai Cimanuk, Bendungan Jatigede pada Rabu (24/3).

Tumpukan sampah yang mengambang di Bendungan Jatigede tersebut, diketahui telah lama membangkai sehingga membuat buruk pemandangan, bahkan tidak jarang menimbulkan aroma tidak sedap.

Karena hal itu, maka jajaran Polres Sumedang berinisiatif melakukan pembersihan sampah.

Kapolsek Wado, Iptu Suhada mengatakan, bahwa dengan banyaknya sampah di pinggiran area Waduk Jatigede tepatnya di Tugu Wado, Dusun Maleber RT 02 RW 04, Desa Wado, Kecamatan Wado, telah dilaksanakan kegiatan Opsih (Operasi bersih) bersama TNI Polri di hulu sungai Cimanuk, Bendungan Jatigede Sumedang.

“Sudah mulai kemarin kegiatan membersihkan sampah yang berada di Bendungan Jatigede. Dan sampai hari ini masih berlangsung kegiatannya sampai tumpukan sampah benar benar bersih,” kata Suhada di Sumedang pada Rabu (24/3).

Pelaksanaan kegiatan tersebut dipimpin oleh Pasi Ops Kodim 0610 Sumedang Kapten Inf Dadang bersama Camat Wado Taufik Hidayat Slamet dan Kapolsek Wado Iptu Suhada.

“Dalam pelaksanan kegiatan Opsih melibatkan unsur dinas intansi terkait yakni TNI Kodim 0610, 17 personil, Yonif 301, 35 personil, Polsek 21 personil, Polair 5 Personil, Bpbd 6 Personel, Satpol PP Kecamatan Wado 6 Personil, dari Ormas ada 45 orang. Siswa Pramuka juga ada, 16 orang kalau gak salah. Perangkat Desa 6 orang dan masyarakat sekitar juga ikut,” tuturnya.

Suhada mengatakan, bahwa dilakukannya operasi bersih tersebut bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang bersih.

“Dengan dilaksanakan kegiatan Opsih bersama ini tujuannya biar menciptakan lingkungan yang bersih di area genangan Waduk Jatigede,” ucapnya.

Ia pun mengimbau masyarakat supaya dapat bekerjasama dengan tidak membuang sampah sembarangan, khususnya ke Waduk Jatigede.

“Saya mengimbau kepada masyarakat dalam membuang sampah baik sampah plastik maupun organik agar tidak membuannya kesungai, sehingga akan mencemari lingkungan Waduk Jatigede dan dalam membuang sampah harus pada tempatnya,” ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut terlihat bahwa setiap unsur tetap memperhatikan prokes dengan menggunakan masker dan menjaga jarak guna mengantisipasi penyebaran Covid-19.

“Sampah yang sudah dikumpulkan rencananya akan diangkut pada hari Minggu, dengan menggunakan kendaraan truck sampah millik Dinas LHK (Lingkungan Hidup dan Kehutanan) Kabupaten Sumedang ke tempat pembuangan sampah di Sumedang,” tutup Suhada. (Mg6/wan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan