oleh

Nasabah BNI, BCA, BTN, BRI dan Mandiri Diminta Ganti Kartu ATM ke Chip

JAKARTA – Bagi para nasabah yang masih memegang kartu debit magnetic stripe diharapkan dapat segera menukarnya dengan kartu berbasis chip. Sebab, sesuai dengan arahan Bank Indonesia melalui Surat Edaran (SE) Bank Indonesia (BI) No.17/52/DKSP kartu tersebut akan berakhir masa berlakunya dan tidak dapat digunakan lagi untuk bertransaksi.

Dalam aturan tersebut, penggantian kartu magnetic stripe harus dilakukan hingga 31 Desember 2021 mendatang dan berlaku bagi kartu ATM debit, terminal ATM, terminal EDC dan sarana pemrosesan. Aturan itu juga berlaku untuk kartu yang diterbitkan di Indonesia.

Baca Juga:  Anak Kedua Raffi Nagita Kembar Identik?

BI menyebut, penggunaan teknologi magnetic stripe masih diperbolehkan terbatas pada kartu ATM atau debet yang diterbitkan atas dasar rekening simpanan tertentu atau rekening tabungan yang memiliki saldo paling banyak Rp 5.000.000 berdasarkan perjanjian antara penerbit dan nasabah.

Beberapa perbankan Indonesia seperti PT Bank Central Asia Tbk (Bank BCA), PT Bank Negara Indonesia Tbk (Bank BNI), PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (Bank BRI), dan PT Bank Tabungan Negara Tbk (Bank BTN) telah menginformasikan hal tersebut kepada para nasabahnya.

Baca Juga:  Pemerintah Indonesia Hentikan Sementara Pemberian Visa WNA dari India

Adapun tujuan pergantian dengan kartu chip ini, salah satunya agar masyarakat dapat melakukan transaksi jauh lebih aman. Sebab kartu magnetic stripe memiliki potensi risiko untuk dibobol.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga