Waduh, Asteroid Sebesar Menara Eiffel Baru Saja Dekati Bumi, Diprediksi Akan Balik dan Lebih Dekat Lagi

Tetapi para ilmuwan menggunakan kedatangannya minggu ini sebagai gladi resik untuk lintasan asteroid berikutnya pada 13 April 2029. Saat itu, Apophis akan berada sedekat mungkin dengan Bumi seperti beberapa satelit orbit tertinggi.

“Apophis pada tahun 2029 akan menjadi kesempatan pengamatan yang sangat luar biasa bagi kami,” kata Marina Brozović, seorang ilmuwan radar di Jet Propulsion Laboratory NASA di California, kepada Space.com.

“Tapi sebelum kita mencapai 2029, kita sedang bersiap,”tambahnya.

Benda langit ini mengorbit penuh mengelilingi matahari setiap 11 bulan. Pada 5 Maret, ia akan datang dalam jarak 93 juta mil (150 juta kilometer) dari Bumi pada 8:15 EST (0115 GMT pada 6 Maret).

Saat ini, posisinya masih terlalu jauh untuk dilihat dengan mata telanjang. Akan tetapi, para ilmuwan akan menggunakan radar planet untuk menggambarkan Apophis saat terbang dengan menggunakan Kompleks Komunikasi Antariksa Dalam Goldstone NASA di California dan Teleskop Green Bank di Virginia Barat. Mereka berharap dapat menentukan bentuk asteroid dan mempelajari lebih lanjut tentang cara perputarannya.

“Kami tahu Apophis berada dalam keadaan berputar yang sangat rumit, ini seperti berputar dan berguling pada saat yang sama,” ujar Binzel. (sciencealert.com)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan