oleh

Waduh, Asteroid Sebesar Menara Eiffel Baru Saja Dekati Bumi, Diprediksi Akan Balik dan Lebih Dekat Lagi

JAKARTA – Dini hari ini, 6 Maret, asteroid sebesar menara Eiffel melintas melewati Bumi.

Asteroid dengan lebar 340 meter dan terbuat dari batu, besi, dan nikel tersebut dijuluki Apophis. Namanya diambil dari nama kuno setan Mesir yang mempersonifikasikan kekacauan dan kejahatan.

Sebab, para astronom pada awalnya menghitung bahwa ada 3 persen kemungkinan asteroid ini dapat menabrak Bumi pada penerbangan 2029, seperti dilansir dari ScienceAlert.

Baca Juga:  Lumpuh Selama 21 Tahun, Seorang Gadis di Sumedang Hidup Berdua Diasuh Sang Nenek

Namun jangan khawatir, dalam perjalanannya selama mengorbit matahari, ia tidak akan menabrak Bumi, setidaknya sampai tahun 2029, atau pada lintasan berikutnya pada tahun 2036.

Masih ada sedikit kemungkinan bahwa asteroid itu bisa menghantam Bumi pada tahun 2068, tetapi terbangnya tahun 2021 dan 2029 akan memberikan lebih banyak informasi kepada para astronom untuk menghitung masa depan Apophis.

Sehingga, para peneliti bisa menemukan cara agar asteroid ini tidak menabrak Bumi dan menjadi “Menara Eiffel Kedua” di Bumi, atau menggantikan Eiffel itu sendiri, mengingat ukurannya yang serupa.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Siapkan Tim Monitoring Demi Pantau Pembayaran THR

Pada 6 Maret 2021 01.15 GMT, Asteroid yang pertama kali terlihat pada 2004 ini melewati Bumi dengan jarak 93 juta mil atau 150 juta kilometer.

Apophis tidak akan menimbulkan bahaya bagi Bumi selama penerbangan minggu ini. Ia hanya akan melewati Bumi dengan jarak sejauh 40 kali jarak dari Bumi ke bulan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga