oleh

Fenomena ‘Mr Hu’ Dianggap Bisa Matikan Produk UMKM Lokal, Begini Kata Ketua Akumindo

JAKARTA – Fenomena ‘Mr Hu’ atau diduga penjual asal Cina baru-baru ini sempat membuat heboh di media sosial. Pasalnya, ‘Mr Hu’ dianggap bisa membunuh produk-produk UMKM lokal.

Merespons hal itu, Ketua Umum Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) Ikhsan Ingratubun mengatakan, fenomena serbuan produk impor sebenarnya sebuah keniscayaan dan hal itu tidak bisa dihindari lagi.

Menurut dia, kondisi itu terkait dengan perjanjian dagang dengan negara-negara tertentu yang memang sudah ditandatangani pemerintah sejak beberapa waktu lalu, salah satunya ASEAN, yakni China Free Trade Agreement (ACFTA).

“Itu pernah ditanyakan kepada pemerintah, karena pemerintah menandatangani, ada Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), dan juga menandatangani perjanjian dengan Cina (ACFTA). Harusnya enggak usah itu,” ujar Ikhsan kepada Fajar Indonesia Network (FIN), kemarin (21/2).

Seharusnya, kata dia, pemerintah menyadari tidak perlu ada perjanjian dagang. Sebab UMKM Indonesia masih rendah dan tidak bisa untuk bersaing.

“Jangan alasan UMKM Indonesia nanti mampu untuk misalnya ke negara-negara itu, enggak mampu. Mereka sudah siap tapi kita belum, seharusnya enggak usah ada perjanjian itu,” katanya.

Kendati begitu, dia memberikan aspirasi kepada pemerintah yang telah menerbitkan kebijakan penurunan batas bea masuk, dari yang semula USD75 menjadi USD3. Sehingga produk UMKM lokal sangat diuntungkan dengan kebijakan tersebut.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga