Bertekad Pertahankan Emas Porda Bola Basket, Perbasi Kota Bandung Panggil 90 Pemain Putra untuk Seleksi

BANDUNG – Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Kota Bandung memulai program di bawah kepengurusan baru dengan melakukan seleksi tim bola basket putra yang akan bersiap-siap untuk menghadapi kejuaraan Porda XIV 2022 mendatang.

Sebagai langkah awal, tim pelatih putra yang dipimpin pelatih kepala Yosef Pratiknyo memanggil 90 pemain dari berbagai klub internal Perbasi Kota Bandung untuk mengikuti seleksi tahap pertama yang terbagi dalam 3 gelombang.

Seleksi yang dilakukan di GOR Pajajaran, Kota Bandung, Sabtu (20/2) merupakan seleksi bagi pemain gelombang ketiga. Hal tersebut tak terlepas dari pembatasan yang berlaku akibat pandemi Covid-19. Sebelumnya pada hari Jumat, Perbasi telah menggelar seleksi gelombang 1 dan 2.

Yosef menyatakan bahwa ia cukup puas dengan kualitas para pemain yang mengikuti seleksi kali ini.

“Kualitasnya oke, dari segi kebutuhan tim cukup terpenuhi. Tinggal nanti ini kan masih diseleksi baru kita lihat lagi di tahap kedua,” ujarnya.

Untuk tahap kedua nanti akan terpilih 38 orang pemain yang lolos dari tahap pertama. Nantinya tim basket putra Kota Bandung akan melakukan penyusutan sampai 18 pemain.

“Untuk (seleksi) yang sekarang sih udah ya cukup, karena nantikan kita harus masukin 18 nama di bulan Mei. Jadi semoga sampai bulan Mei itu udah sampai 18 orang,” lanjut pelatih asal klub Metro Starlight Bandung tersebut.

Ia juga menginginkan pemain-pemain yang terpilih nantinya mampu bermain sesuai dengan sistem yang akan ia terapkan, sehingga mampu memberikan hasil yang maksimal bagi tim Kota Bandung.

Ketiadaan kompetisi pada tahun lalu juga menjadi kesulitan tersendiri bagi tim pelatih, sebab tidak ada pemantauan langsung yang bisa terlihat dari kualitas pemain-pemain yang mungkin berpotensi untuk menonjol.

“Saya akan cari kriteria pemain yang secara general cocok dengan sistem yang akan dipakai nanti. Dan karena cuma bisa dilihatnya satu kali doang, jadi dilihatnya dari skill dan kebutuhan tim aja. Belum keliatan gimana pemain itu knowledge di basketnya seperti apa,” pungkas Yosef.

Tim bola basket putra Kota Bandung sendiri bertekad untuk mempertahankan gelar juara di ajang 4 tahunan tersebut.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan