Bantuan Pemerintah Tak Terealisasi, Pemilik Pom Mini Sediakan Lampu Penerang Jalan Sendiri

LEMBANG – Bentuk perhatian masyarakat pada lingkungan bisa dilakukan dengan berbagai macam, cara salah satunya menyediakan sarana penerangan jalan yang belum tersedia.

Hal itu pula yang dilakukan oleh Supriyadi (52), warga Desa Langensari, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

kios pom bensin mini miliknya pria yang juga menjabat sebagai Ketua RW 15 itu membuat spanduk yang bertuliskan ‘Beli BBM di Pom Mini Cantik, Anda Ikut Menerangi Jalan Ini’.

Supriyadi lantas menyisihkan sebagian keuntungan yang diperolehnya dari setiap liter bensin yang sudah terjual untuk menyediakan fasilitas penerangan jalan agar warga dan pengendara merasa nyaman.

Pom Mini Cantik sendiri dibuat Supriyadi sejak 2019 silam. Sejak saat itu pula program membeli bensin di pom mini miliknya berarti ikut menerangi jalan sudah terlaksana.

Dirinya mengaku berbuat demikian lantaran prihatin bantuan penerangan untuk jalan di wilayah Desa Langensari dari pemerintah tak kunjung terealisasi meskipun sudah lama diajukan.

“Ini memang dari pribadi saya, karena ingin memberikan penerangan bagi warga. Sebelumnya gelap karena sama sekali engga ada lampu di jalan,” ungkap Supriyadi saat ditemui di kios bensin miliknya, Rabu (17/2).

Supriyadi telah memasang penerangan untuk Jalan Sukaraja-Sukarame kurang lebih sepanjang 300 meter. Semua material yang digunakan seperti tiang bambu, kabel, hingga lampu, dirogoh dari kocek pribadinya.

“Saya memasang kabel dan lampu itu modal sendiri. Sudah 300 meter kabel dan lampu yang dipasang dari keuntungan pom mini. Nanti keuntungannya juga untuk membantu membayar dan memelihara penerangan jalan,” jelas Supriyadi.

Seiring berjalannya waktu pelanggan pom mini miliknya terus bertambah. Tak cuma dari keuntungannya, banyak juga pelanggan yang akhirnya menyumbangkan uang kembalian dari pembelian bensin untuk pemeliharaan dan menambah panjang lampu penerangan jalan.

“Alhamdulillah konsumen terus bertambah. Banyak juga yang akhirnya nyumbang untuk lampu, mereka engga ngambil kembaliannya. Pom mini ini beroperasi 24 jam,” tuturnya.

Rencananya Supriyadi bakal menambah enam titik lampu lagi agar Jalan Sukaraja-Sukarame makin terang benderang.

“Insya Allah nanti akan ditambah enam titik lampu lagi. Kalau ada yang mau menyumbang, sangat terbuka karena ini demi kenyamanan semuanya,” pungkasnya. (mg6)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan