oleh

Pemkot Cimahi Kesulitan Tambah RTH

CIMAHI – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi mengaku kesulitan untuk memenuhi Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kota Cimahi sebesar 20 persen sesuai arahan yang tertuang dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

Berdasarkan data DLH Kota Cimahi, jumlah RTH eksisting di Kota Cimahi hanya sekitar 24 Hektare (Ha), dari total sekitar 40 kilometer lebih luas wilayah Kota Cimahi yang terdiri dari taman, hutan kota, pemakaman, dan Prasarana Sarana dan Utilitas (PSU) perumahan.

“Kita perhitungannya yang eksisting saja itu baru sekitar 24 Ha,” kata Kepala Bidang Tata Lingkungan pada DLH Kota Cimahi, Dyah Ajuni Lukitosari, Rabu (17/2).

Meskipun sulit, pihaknya akan berusaha untuk memenuhi target hingga 20 persen RTH di Kota Cimahi. Upaya yang bakal dilakukan seperti mempercepat penyerahan PSU perumahan dari developer.

Kemudian melanjutkan penanaman pohon di aset lahan milik pemerintah. Tahun ini pihaknya menargetkan bisa melakukan penanaman hingga 5.000 bibit pohon untuk menambah RTH di Kota Cimahi.

“Kita juga memberikan bantuan ke masyarakat berupa pohon untuk ditanam,” ujarnya.

Kepala Berdasarkan data Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Cimahi, Huzein Racmhadi mengakui, memang saat ini RTH di Kota Cimahi masih minim. Bahkan, jauh dari yang disyaratkan dalam undang-undang.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga