oleh

Hendak Selidiki Asal-Usul COVID-19, China Malah Tolak Kedatangan Tim Investigasi WHO

JAKARTA – Salah satu dari dua anggota Tim Investigasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang hendak menyelidiki asal-usul virus Corona di Kota Wuhan, ditolak masuk ke China.

Satu orang yang ditolak masuk itu telah kembali, dan yang lainnya kini sedang transit di negara ketiga.

WHO mengatakan, penolakan tersebut terjadi karena masalah terkait izin visa. Padahal, pada Desember lalu, pemerintah China telah menyetujui sebuah penyelidikan oleh tim WHO di kota Wuhan – setelah melalui proses negosiasi yang memakan waktu berbulan-bulan.

Tetapi, Pemerintah China diketahui belum juga menerbitkan izin masuk bagi Tim investigasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang akan selidiki kasus tersebut.

Kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan sangat kecewa karena China belum juga menyelesaikan surat izin kedatangan tim WHO.

Mengingat, dua anggota telah memulai perjalanan mereka dan yang lainnya tidak dapat melakukan perjalanan.

“Saya mendapatkan informasi para pejabat China belum menyetujui izin bagi tim terpadu. Saya sudah mengontak pejabat senior pemerintah China dan menyatakan ini adalah misi utama bagi WHO saat ini,” kata Tedros, seperti dilansir Reuters, Rabu (6/1).

Dalam tim penyelidikan itu, WHO direncanakan mengirim 10 orang tim ahli internasional ke China selama berbulan-bulan dengan tujuan menyelidiki asal hewan dari pandemi dan bagaimana virus pertama kali menyebar ke manusia.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga