Pekan Depan Tol Cimanggis-Cibitung Berbayar

CIBITUNG – Tol Cimang­gis-Cibitung Seksi 1 segmen Junction Cimanggis-Jatikarya 2,8 kilometer mulai diuji coba, Selasa (10/11) kemarin. Pengguna ruas jalan bebas hambatan ini tidak dikena­kan tarif alias gratis hingga 20 November 2020 mendatang.Ruas tol Cimanggis-Cibitung dibangun dan dikelola oleh PT Cimanggis Cibitung Tollways (CCT), perusahaan patungan antara PT Waskita Tollroad, PT Bakrie Toll Indonesia dan PT Bakrie & Brothers Tbk.

“Jalan tol yang memiliki total ruas sepanjang 26,2 kilome­ter dan dibangun dengan in­vestasi sebesar Rp 10,6 triliun akan terdiri atas Seksi I (Junc­tion Cimanggis-On/Off Ramp Jatikarya) sepanjang 2,8 kilome­ter dan Seksi II (On/Off Ramp Jatikarya-Junction Cibitung) sepanjang 23,4 kilometer,” ujar Bayu Nimpuno Head of Corpo­rate Communications PT Bakrie & Brothers Tbk.

Ruas tol seksi 1 ini sendiri di­harapkan dapat mengurangi se­cara signifikan beban kepadatan lalu lintas yang melalui akses jalan Cibubur menuju ruas tol Jagorawi, terutama pada masa-masa sibuk setiap hari.

Jalan Tol Cimanggis-Cibitung merupakan bagian dari 6 ruas Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR II). Keenam jalan bebas hambatan yang merupakan ba­gian dari Tol JORR II yakni, Tol Cengkareng-Batu Ceper-Kun­ciran sepanjang 14,2 kilometer, Kunciran-Serpong sepanjang 11,4 kilometer, dan Serpong-Cinere sepanjang 10,1 kilometer.

Kemudian, Cinere-Jagorawi sepanjang 14,6 kilometer, Ci­manggis-Cibitung sepanjang 26,2 kilometer, serta Cibitung-Cilincing sepanjang 34 kilometer.

Ruas tol tersebut akan ter­hubung langsung dengan Ruas Tol Jagorawi, seiring dengan di­operasikannya Gerbang Tol (GT) Cimanggis 4 dan 5.

GT Cimanggis 4 diperuntukkan bagi pengguna jalan dari arah Ja­tikarya, Cibubur, Transyogi menuju Jakarta, sedangkan GT Cimanggis 5 diperuntukkan bagi pengguna jalan dari arah Jakarta menuju Jatikarya, Cibubur, Transyogi.

Pengoperasian GT ini diharapkan dapat menjadi alternatif titik trans­aksi dan mengantisipasi kepadatan Jalan Alternatif Cibubur bagi peng­guna jalan yang berasal atau menuju Cibubur, Transyogi, Cileungsi.

GT Cimanggis 4 sendiri me­miliki total 4 gardu operasi yang terdiri dari 2 gardu single untuk golongan 1 non bus dan 2 gardu multi untuk golongan bus dan truk.

“Sedangkan GT Cimanggis 5 memiliki total 5 gardu operasi yang terdiri dari 3 gardu single untuk golongan 1 non bus dan 2 gardu multi untuk golongan bus dan truk,” sambung Bayu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan