Alhamdulillah, Sindangkerta dan Rongga KBB Nol Kasus Positif Covid-19

NGAMPRAH – Dua kecamatan di Kabupaten Bandung Barat (KBB) sampai saat ini masih berada dalam zona hijau.

Dua kecamatan tersebut yakni Kecamatan Sindangkerta dan Rongga yang berada di wilayah selatan KBB. Sementara 14 kecamatan lainnya di KBB sudah pernah ada dan ditemukan kasus Covid-19 bahkan beberapa di antaranya masuk kecamatan zona merah.

“Hingga kini dari total 16 kecamatan di KBB, 14 kecamatan sudah pernah ada kasus Covid-19. Hanya Kecamatan Sindangkerta dan Rongga yang masih belum muncul kasus,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan KBB Hernawan Widjajanto, Selasa (3/11).

Menurutnya, kondisi itu harus terus terjaga agar jangan sampai muncul kasus. Meskipun tidak ada kasus aparat kewilayahan dan masyarakatnya jangan lengah dan penerapan protokol kesehatan.

“Intinya harus dijaga dan jika memungkinkan hindari berpergian ke daerah zona merah dan terpenting penerapan protokol kesehatan,” katanya.

Saat ini yang sedang menjadi perhatian adalah kemunculan kasus baru di lima kecamatan yaitu di Kecamatan Parongpong, Cililin, Lembang, Ngamprah, dan Cipeundeuy. Dari lima kecamatan yang hampir semuanya berpenduduk padat itu, tercatat ada 10 kasus baru positif Covid-19.

“Langkah cepat kami lakukan dengan melakukan tracking ke yang pernah kontak erat dengan mereka (positif covid). Lalu mengintruksikan untuk menjalani swab test dan isolasi mandiri sampai hasil tes diketahui,” tuturnya.

Berdasarkan data terakhir yang masuk ke Dinkes, secara total warga KBB yang terkonfirmasi positif Covid-19 ada 482 orang. Dari jumlah tersebut sebanyak 311 orang dinyatakan sudah sembuh, 159 orang masih positif aktif, dan 12 orang meninggal dunia.

“Itu termasuk kasus meninggal dunia terbaru, pemilik rumah makan dan warung bakso di Lembang,” pungkasnya. (mg6/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan