Polemik Tudingan Pengusiran Disabilitas Minta Disudahi

BANDUNG – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Rehabilitasi Sosial pada Kementerian Sosial, Idit Supriadi Priantna meminta agar polemik yang terjadi di Balai Rehabilitasi Penyandang Disabilitas Tuna Netra Wyata Guna atas tudingan pengusiran untuk disudahi.

Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial Kemensos memandang perlu untuk menyampaikan dan meluruskan beberapa informasi yang valid sesuai dengan faktanya.

“Kami sangat menyesalkan polemik yang mengemuka terkait berakhirnya masa retensi penerima manfaat. Hal ini seharusnya tidak perlu terjadi. Dalam situasi seperti ini, kami mengajak semua pihak berpikir jernih. Sebab sikap emosional, rentan dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab,” kata Idit saat Konferensi Pers di Balai Wyata Guna Bandung, Jumat (17/1).

Pertama, kata dia, bahwa tidak ada pengusiran yang dilakukan oleh Balai Wyata Guna kepada penerima manfaat. Yang terjadi, penerima manfaat telah berakhir masa retensinya, atau sudah memasuki tahapan terminasi.

“Seperti kita ketahui, fungsi balai merupakan wadah pembinaan yang bersifat sementara bagi saudara-saudara penerima manfaat. Bukan tempat permanen, ini proses normal, dan sudah dipahami sejak pertama penerima manfaat menjadi binaan di balai,” jelasnya.

Pada tahapan terminasi ini, Idit menyebut, penerima manfaat yang telah mendapatkan berbagai bentuk pelayanan dan pembinaan selama di Balai, terikat oleh ketentuan untuk harus kembali kepada keluarga dan lingkungan masyarakat.

Sebab ada penghuni lain, yang akan masuk serta mendapat pembinaan di Balai. “Dengan bekal yang telah diberikan oleh Balai Wyata Guna, kami tahu, di luar sana, saudara-saudara dapat menyongsong masa depan cerah. Berkiprah di masyarakat yang siap menerima anda,” ucapnya.

Sebagai solusi, lanjut Idit, penerima manfaat yang telah berakhir masa retensinya namun belum kembali kepada keluarga, telah ditawarkan dua pilihan.

Opsi solusi pertama, alumni penerima manfaat yang berjumlah 32 orang disediakan asrama di Panti Sosial Rehabilitasi Penyandang Disabilitas Mental Sensorik Netra, Rungu, Wicara, Tubuh milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang berlokasi di Kota Cimahi.

Opsi solusi kedua, pihak Balai juga menyediakan asrama khusus di Wyata Guna untuk 32 orang alumni penerima manfaat. Jadi saudara-saudara alumni penerima manfaat tinggal pilih saja mau yang mana.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan