Taman Kartini jadi Alternatif Tempat Liburan Masyarakat

CIMAHI – Masyarakat Kota Cimahi memanfaatkan Taman Kota menjadi tempat hiburan dipenghujung liburan sekolah. Salah satu Taman Kota yang banyak didatangi adalah Taman Kartini.

Taman milik TNI tersebut saat ini sudah mengalami banyak perubahan, setelah dilakukan penataan dan renovasi. Di taman yang terletak di Jalan Baros tersebut, saat ini terdapat beberapa wahana anak, seperti ayunan, perosotan, skatepark, lapang futsal mini, kios jualan, kolam renang mini, hingga dermaga di area kolam. Sejumlah tanaman pun menghiasi Taman tersebut.

Selama liburan banyak pengunjung yang datang ke Taman tersebut mulai dari orangtua, remaja hingga anak-anak. Mereka datang ke Taman yang sudah ada sejak jaman Kolonial Belanda ini hanya untuk mengisi luang karena libur sekolah.

Taman Kartini sendiri awalnya bernama Taman Wilhelmina, diambil dari nama Ratu Kerajaan Belanda kala itu. Namun, setelah Indonesia merdeka, Taman ini berubah namà menjadi Taman Kartini.

Sebetulnya, dulu di tengah taman itu terdapat kolam air berbentuk lingkaran dan di tengahnya memiliki air mancur. Namun kolam air mancur itu sekarang sudah tidak ada dan kolamnya pun kering. Meski begitu jumlah pengunjung saat musim libur panjang ini cukup banyàk.

”Udah lama anak saya ngajak ke sini karena tertarik lihat ada permainannya. Tapi baru sempat sekarang dan kebetulan lagi libur sekolah dan saya juga libur kerja jadi sempetin ke sini,” terang Ningrum (35), salah seorang pengunjung.

Menurut warga Jalan Nanjung ini, Taman Kartini bisa jadi tempat rekreasi alternatif di Kota Cimahi.

”Kalau di Cimahi kan jarang ada tempat wisata. Dengan adanya Taman Kartini ini lumayan untuk tempat rekreasi murah karena kità tidak usah bayar buat masuk ke sini,” katanya.

Dia menilai Taman Kartini belum lengkap. Untuk itu, ibu beranak dua itu meminta agar fasilitas penunjang untuk keindahan taman tersebut segera dituntaskan agar daya tariknya pun lebih menggiurkan masyarakat Kota Cimahi.

”Lebih bagus dibanyakin lagi fasilitasnya, seperti kolam diperbaiki dan dikasih air serta ikan agar lebih indah,” tuturnya.(bbs/ziz)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan