Politik 2020 Diprediksi Dinamis

Selain Pilkada serentak 2020, akan terjadi dinamika politik lain yang tidak kalah menyi­ta perhatian publik. Beberapa yang akan terjadi adalah pem­bahasan UU Pemilu, UU Par­tai Politik, UU Pilkada, UU MD3, dan UU Pemda. Kemun­gkinan nantinya akan dilaks­anakan simplifikasi atau penyederhanaan atau omni­bus law regulasi bidang poli­tik.

Dia menegaskan, tidak benar bila 2020 kondisi politik akan stagnan. Sebaliknya justru akan sangat dinamis. Bahtiar mengungkapkan pekerjaan paling besar adalah soal pen­didikan politik. Pendidikan politik menurutnya melibat­kan banyak faktor dan memi­liki aspek yang sangat luas.

“Kesuksesan dari pendidikan politik bukan hanya dari ting­kat partisipasi masyarakat datang ke TPS untuk menco­blos. Namun lebih dari itu, bagaimana pemilih dapat mencoblos calon kepala dae­rah dengan pertimbangan objektif dan rasional. Hara­pannya kepala daerah yang terpilih adalah pemimpin yang memiliki kompetensi, inte­gritas, kapabilitas, leadership, dan pemimpin perubahan 5 Tahun ke depan,” papar Bah­tiar. (khf/fin/rh)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan