oleh

DLH Cimahi Tebang Belasan Pohon Sakit

CIMAHI – Sebuah pohon besar di Jalan Jenderal Sudirman terpaksa ditebang petugas Konservasi Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi pada Kamis (14/11). Kondisi pohon jenis mahoni itu dikhawatirkan bakal mengancam keselamatan jika tak segera ditebang.

Pohon yang berada di atas trotoar itu sudah tidak dapat pertahankan, dari mulai akar sampai pucuk tajuk semua dalam kondisi kering. Tanaman sudah tidak bertaju, akar sudah tidak bisa menopang pohon hingga terserang penggerek (hama).

Baca Juga:  UU ITE Bisa Incar Pelanggar WNA

Petugas Konservasi DLH Kota Cimahi, Solehudin, mengatakan penebangan pohon tersebut berdasarkan perintah dari koordinator Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi untuk meminimalisir resiko rawan tumbang. Terlebih lagi, pohon tersebut berada dikawasan padat kendaraan.

”Kondisi pohonnya sudah tua dan ada penyakitnya. Tandanya itu ada serbuk putih di batang pohonnya, terus meranggas daun-daunnya. Jadi lebih baik ditebang daripada tumbang,” jelas Solehudin saat ditemui disela-sela penebangan.

Baca Juga:  Dampak Buruk Detergen Mengandung Minyak Bumi

Pohon yang ditebang memiliki diameter 1 meter dengan ketinggian 22 meter. Sebelum melakukan penebangan, pihaknya lebih dahulu berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi untuk menetralisir arus lalu lintas di sekitar lokasi penebangan.

”Karena posisinya ini di pinggir jalan raya dan ada kabel PLN yang melintang. Kalau sembarangan memotong, bahaya buat petugas. Belum lagi banyak anak sekolah di sekitar sini,” katanya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga