3 Hari West Java Festival Digelar

Iwan menjelaskan, pembukaan West Java Festival akan diselenggarakan pada Jumat (1/11) sekitar pukul 08.00 WIB. Pembukaan acara bakal dimeriahkan dengan kegiatan pasar festival.

Kemudian pada hari kedua akan ada pembukaan acara dengan karnaval kebudayaan dari perwakilan kabupaten/kota di Jabar. Kemudian ada juga kegiatan makan ikan gratis serta minum berbagai varian kopi secara gratis pula.

“Banyak yang kita gratiskan mulai dari buah-buahan lokal , serta banyak produk dari binaan dinas yang bisa dimakan gratis setiap pengunjung,” kata Iwan.

Sementara itu, Tim Ahli Jabar Juara (TAJJ) Kebudayaan Pemprov Jabar, Marintan Sirait mengatakan, Provinsi Jabar memiliki banyak kebudayaan yang layak ditampilkan di depan umum. Dalam West Java Festival, rencananya akan ada tari-tarian seperti Tari Ketuk Tilu, Tari Sri Pohaci, Tari Topeng Losari, hingga Tari Gatot Kaca.

Marintan ingin menampilkan kebudayaan ini di mana dalam beberapa tahun terakhir tarian ini dianggap tidak sesuai dengan konsep millennial. Selain ditampilkan dalam acara, pihaknya juga bakal menyelenggarakan sejumlah lokakarya yang mengangkat isu kebudayaan termasuk tari-tarian daerah yang hampir punah.

“Nah kita coba mengangkat seni tradisi dalam perspektif kekinian. Aspek tradisi bisa berkolerasi dengan anak muda sekarang,” paparnya. (mg2/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan