Tol Cipularang Kembali Telan 9 Nyawa

’’Kami imbau untuk gunakan jalur alternatif untuk pengguna jalan di jalur arah Jakarta yang terdampak kecelakaan. Sementara itu untuk pengguna jalan di jalur sebaliknya kami imbau untuk tetap fokus berkendara dan memenuhi kecepatan minimum berkendara di jalan tol,’’ ucap dia

Dihimpun dari berbagai sumber, tragedi kecelakaan lalu lintas di tol Cipularang Kilometer 91 mengingatkan publik pada rentetatan kejadian di kawasan itu.

Pada 3 September 2011 artis dandut Saiful Jamil pernah mengalami kecelakaan di Kilometer 97 kecelakaan tersebut merenggut nyawa istrinya Virginia Anggraeni yang baru beberapa bulan melangsungkan pernikahan.

Pada tahun sama, kendaraan travel jurusan Kebumen-Jakarta hilang kendali di kilometer 93 sehingga menabrak bagaian belakang truk. Enam orang meninggal dunia.

Pada 2012, kecelakaan maut kilometer 100 mengakibatkan tujuh orang meninggal dunia. Tanpa diketahui penyebabnya bus secara tiba-tiba oleng dan menabrak truk tronton pengangkut pasir.

Kemudian pada 2013, kecelakaan terjadi antara Daihatsu Xenia dengan Nissan Juke di Kilometer 135. Nissan Juke yang kehilangan kendali masuk ke jalur berlawanan dan menabrak Daihatsu Xenia, akibatnya enam orang meninggal dunia.

Tiga orang meninggal dunia saat sebuah minibus terlibat kecelakaan dengan truk tronton di Tol Cipularang kilometer 87. Melaju dari arah Bandung dengan kecepatan tinggi minibus tak bisa mengendalikan kendaraannya dan menabrak bagian belakang truk tronton pada 2014.

Sebuah truk secara tiba-tiba oleng ke kanan dan menabrak kendaraan lain yang ada di depannya. Terjadi di kilometer 93, dua orang dilaporkan meninggal dunia akibat kecelakaan tersebut.

Terjadi di kilometer 91, kecelakaan beruntun yang melibatkan 11 unit kendaraan menyebabkan 4 orang meninggal dunia pada 2017 lalu.

Dan pada tahun ini juga 2019 kecelakaan di Tol Cipularang kembali terjadi setelah Bus Bima Suci jurusan Bandung-Merak masuk jurang di kilometer 70 dan menyebabkan 7 orang penumpangnya meninggal dunia. (yul/bbs/yan)

Tinggalkan Balasan