Tol Cipularang Kembali Telan 9 Nyawa

BANDUNG – Jalan tol Cipularang Kilometer 91 kembali memakan korban. Kali ini, tabrakan beruntun melibatkan 20 kendaraan.

Kecelakaan yang terjadi di ruah tol arah Jakarta ini menyebabkan 17 korban jiwa, di antaranya 9 orang tewas di tempat dan 8 orang lainnya mengalami luka-luka berat dan ringan. Untuk Jenazah korban dan korban luka dilarikan ke empat rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan bagi yang luka-luka.

’’ Mereka dibawa ke rumah sakit terdekat di Purwakarta yakni RS Thamrin, RS Bayu Asih, RS Siloam, dan RS Bhakti Husada untuk mendapatkan penanganan medis,’’ ucap kepala SAR Bandung Deden Ridwansyah kepada Jabar Ekspres ketika dihubungi, Senin, (2/9).

Dia menceritakan, kantor Pencarian dan Pertolongan Bandung menerima informasi terkait kecelakan Laka Lantas pada pukul 14.00 WIB.

Kemudian berdasarkan laporan dan koordinasi dengan berbagai pihak, ada Sekitar 20 Kendaraan mengalami tabrakan beruntun di tol Cipularang Km 91, kecelakaan melibatkan truk, bis dan mobil pribadi.

’’Tim tiba di lokasi pada pukul 15.15 WIB, dengan tersisa satu korban terjepit yang harus di evakuasi di dalam mobil pribadi yang tertimpa truk. Tim menggunakan alat Ekstrikasi untuk memudahkan evakuasi korban yang sudah MD. Pada pukul 15.41 WIB korban berhasil dievakuasi oleh tim dan langsung di evakuasi ke RS Siloam,” jelasnya.

Sementara itu, Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Dwimawan Heru mengatakan, untuk pengaturan lalu lintas pihaknya melakukan rekayasa di lokasi kejadian dengan mengerahkan puluhan petugas lapangan dan dibantu Polri.

“Ada dua pengaturan lalu lintas yang dilakukan oleh Jasa Marga Cabang Purbaleunyi, yaitu Contraflow dan Pengalihan Arus Lalu Lintas,” kata Dwimawan.

Menurutnya, rekayasa lalu lintas contraflow telah diberlakukan di titik awal Km 93 sampai dengan Km 90. Sedangkan untuk pengguna jalan dari arah Bandung menuju arah Jakarta dapat keluar melalui GT Cikamuning Km 116 dan masuk kembali ke Jalan Tol Purbaleunyi melalui GT Jatiluhur Km 84.

Jasa Marga Cabang Purbaleunyi bekerjasama dengan pihak Kepolisian/PJR serta Rumah Sakit terdekat telah mengerahkan kendaraan ambulans, kendaraan pemadam kebakaran dan kendaraan rescue di lokasi untuk menangani evakuasi korban dan kendaraan.

Tinggalkan Balasan