oleh

Gay Dominasi Kasus HIV dan AIDS di Kabupaten Bandung

SOREANG – Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Bandung melansir ada peningkatan kasus HIV/AIDS di Kabupaten Bandung. Kenaikan angka tersebut seiring sejalan dengan berubahnya trend di masyarakat.

Pengelola Program KPA Kabupaten Bandung, Dinan Naufal mengatakan, sejak 2007 telah dilakukan penanggulangan HIV/AIDS. Usia pengidap berkisar pada 19 tahun hingga 40 tahun. Trend pengguna berubah-ubah dari mulai dari narkoba suntik, heteroseksual, kemudian yang marak akhir-akhir ini penyuka sesama jenis.

”Pada 2018, terdapat 217 kasus di Kabupaten Bandung yang kami ditangani. Sedangkan tahun 2019 hingga bulan Juni kemarin terdapat 65 kasus. Tiap tahun untuk kasus HIV nnya meningkat. Namun kasus AIDS menurun karena dilakukan adanya pendampingan terus menerus,” tutur Dinan di Kantor KPA Kabupaten Bandung, Jalan Alfathu KM 17 Pemda, Kabupaten Bandung, Selasa (9/7/2019).

Dari kasus yang ditemui, banyak dialami oleh kaum laki-laki yang sudah berkeluarga dan lebih banyak dijaring dari wilayah sentral dibanding wilayah pelosok.

KPA berkoordinasi dengan lintas sektor dalam menanggulangi seperti LSM Penjangkauan berupaya dalam melakukan sosialisasi pencegahan dan perujukan ke layanan kesehatan. Sedangkan LSM Pendampingan bertugas dalam mendampingi pengidap-pengidap yang positif untuk mematau kepatuhan berobatnya pengidap.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga