Kloter Haji Pertama Dilepas 6 Juli

SOREANG – Calon jama’ah haji asal Kabupaten Bandung, akan segera diberangkatkan ke tanah suci. Jama’ah yang terbagi ke dalam enam kelompok terbang (kloter) tersebut, secara resmi akan dilepas pada 6 Juli 2019.

Bupati Bandung Dadang M Naser mengatakan, pada musim haji tahun ini Kabupaten Bandung akan memberangkatkan 2.578 orang calon jamaah haji. Keberangkatan semua jemaah akan dibagi menjadi enam kelompok.

”Saya ucapkan selamat kepada masyarakat Kabupaten Bandung yang mendapatkan panggilan dalam musim haji tahun ini. Sebanyak, 404 orang jamaah masuk ke dalam kloter pertama atau kloter  tiga Jabar. Hari ini merupakan manasik terakhir tingkat Kabupaten Bandung, sekaligus pelepasan calon jamaah haji secara umum,” Kata Dadang saat ditemui disela-sela acara pelatihan manasik haji massal di Masjid Agung Al-Fathu Soreang, Selasa (2/7).

Menurutnya, setiap tahun jemaah asal Kabupaten Bandung cukup banyak. Hal tersebut, merupakan wujud ketaqwaan warga dalam menyempurnakan rukun Islam.

“Alhamdulillah, setiap tahun warga Kabupaten Bandung banyak yang berakat haji. Walau secara antrian pendaftaran cukup lama menunggu, seperti yang mendaftar tahun ini, harus menunggu 14 tahun untuk berangkat ke tanah suci. Oleh karena itu, bagi yang bisa berangkat pada musim haji sekarang sepatutnya bersyukur,” tuturnya.

Dadang menjelaskan, terbatasnya kuota haji Indonesia pada tahun ini dibatasi oleh pemerintahan Arab Saudi. Ia berpesan agar kesempatan ini dipergunakan sebaik-baiknya oleh para jama’ah.

“Kepada yang mendapatkan panggilan, saya ucapkan selamat jalan, selamat berjuang dan berjihad di jalan Allah. Semoga pulang kembali ke tanah air, menjadi masyarakat yang patut diteladani dan memiliki tanda-tanda kemabruran,” terangnya.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bandung Asep Ismail menambahkan, seluruh calon jamaah haji Kabupaten Bandung akan dilepas di Lapangan Udara (Lanud) Sulaeman Kecamatan Margahayu secara bertahap.

“Untuk Kloter 1 atau Kloter 3 Jabar dilepas pada 6 Juli, Kloter 2 atau Kloter 13 Jabar pada 9 Juli dan Kloter 3 atau Kloter 24 Jabar akan dilepas pada 13 Juli,” kata Asep.

Sedangkan tiga kloter lainnya, yaitu Kloter 4 (Kloter 62 Jabar) pada 25 Juli, Kloter 5 (Kloter 83 Jabar) pada 31 Juli dan terakhir Kloter 6 (Kloter 92 Jabar) akan dilepas pada 2 Agustus.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan