Naik Kereta Api

Presiden Vietnam, Nguyen Phu Trong mengundang ya untuk melihat semua itu. Sebagai sesama negara komunis. Yang sudah lebih dulu insaf. Mengikuti jejak Tiongkok.

Hubungan Korea Utara dan Vietnam memang pernah sangat mesra. Saat Vietnam bertempur dengan Amerika, Korea Utara lah yang banyak membantu. Banyak pilot Korut tewas di Vietnam. Makamnya masih ada. Sebagai bukti kemesraan itu.

Vietnam menang lawan Amerika itu. Berhasil merebut Vietnam Selatan. Tapi hubungan mesra itu justru berakhir. Kim Il-Sung, kakek Kim Jong-Un marah. Mengapa Vietnam begitu mudah bersahabat dengan bekas musuhnya: Amerika. Mengapa juga Vietnam begitu bersahabat dengan Korea Selatan. Musuh utama Korea Utara itu. Di zaman itu.

Saat ini Korea Selatan adalah investor kedua terbesar di Vietnam. Setelah Jepang.

Kim Jong-Un sendiri baru sekali ini ke Vietnam. Cerita tentang Vietnam adalah cerita dari kakeknya. Yang sudah dua kali ke Hanoi. Ketika masih sama-sama miskin. Sama-sama anti Amerika. Bapaknya pun belum pernah ke Vietnam: Kim Jong-Il.

Saat Kim Jong-Il jadi Pemimpin Agung Korut, Vietnam sudah dianggap pengkhianatan. Sudah jotakan.

Melihat Vietnam mungkin Kim Jong-Un akan kaget. Kok tinggal negaranya sendiri yang masih miskin. Padahal Vietnam juga masih komunis. Tiongkok juga sudah kaya. Juga masih komunis.

Kim Jong-Un sendiri sebenarnya sudah ngebet. Bosan dengan kemiskinan. Akan segera memajukan Korut. Hanya saja masih terkendala: sanksi Amerika itu.

Akibat pembangunan senjata nuklirnya Korut diisolasi. Tapi sejak bertemu Trump di Singapura tahun lalu Korut berubah. Berhenti bernuklir. Sudah meruntuhkannya.

Besok Kim akan bertemu Trump lagi. Pasti akan menagih janji: kok belum ada pencabutan sanksi. Kim merasa diperlakukan tidak adil.

Selama ini Kim Jong-Un terus mengisyaratkan kejengkelannya itu. Ia seperti tidak sabar untuk segera membangun ekonomi. Presiden Korea Selatan pun sudah ia baiki. Sampai sudah bertemu beberapa kali. Setahun terakhir ini.

Tinggal Jepang yang masih waspada. Sahabat baik Amerika ini belum percaya kalau nuklir Korut sudah diringkesi.

Jepang memang mengakui: tidak ada lagi percobaan senjata jarak jauh. Yang bisa mencapai Jepang. Selama hampir dua tahun terakhir. Tapi Jepang ingin sanksi jangan dilonggarkan dulu. Sampai Korut benar-benar mengakhiri nuklirnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan