Ridwan dan Oded Terima Anugerah Kihajar Utama

Proses penilaian dilakukan sejak Juni hingga Agustus 2018 oleh tim juri dari kalangan perguruan tinggi, pakar TIK, komunitas TIK dan kalangan internal Kemdikbud, yaitu Pustekkom. Setelah melalui proses penilaian oleh tim juri, ditetapkan nama penerima anugerah berdasarkan 4 kategori yakni  Utama; Madya; Pertama Khusus.

Sedangkan, Kuis Kihajar merupakan kuis yang diikuti oleh siswa jenjang SD, SMP, SMA dengan memanfaatkan TIK dalam pelaksanaannya. Jumlah peserta Kuis Kihajar dari tahun ke tahun terus meningkat. Tahun ini berjumlah 38.369 orang, di antaranya 29.521 orang melalui kuis harian website, 1.356 orang melalui kuis harian TVE, 4.983 orang melalui seleksi provinsi, dan 2.509 orang melalui seleksi kabupaten dari 34 provinsi di Indonesia.

Setelah melalui penyeleksian yang ketat terpilihlah 120 siswa terbaik, selanjutnya diundang ke Jakarta mengikuti Kuis Kihajar tingkat nasional. Pemenang Kuis Kihajar tingkat nasional sekaligus menjadi Duta Kihajar.

Lomba Mobile Kihajar merupakan lomba yang diarahkan pada pembuatan media pembelajaran berbasis device mobile dengan karya berupa aplikasi atau konten pembelajaran yang dijalankan pada perangkat gawai. Lomba ini terdiri dari kategori pelajar bertema sosial budaya, kategori guru bertema mata pelajaran, kategori umum bertema V-Lab, dan kategori umum bertema game edukasi. Tema Lomba Mobile Kihajar tahun ini ”Optimalkan Gawai untuk Belajar” dangan karya yang masuk berjumlah 299 karya dari 34 provinsi di Indonesia. Pada akhirnya terpilih 3 juara untuk masing-masing kategori.

Penghargaan kategori Radio Peduli Pendidikan dan Kebudayaan diselenggarakan untuk memberikan semangat pada stasiun radio mitra di seluruh Indonesia untuk mengembangkan dan menyiarkan bahan siaran radio yang bertema pendidikan dan kebudayaan. Syarat utama penilaian adalah stasiun radio sudah menjadi mitra Radio Edukasi Yogyakarta dan memiliki program siaran pendidikan dan kebudayaan versi rekaman.

Lomba selanjutnya adalah Tantangan Ensiklomedia. Lomba ini merupakan kompetisi untuk guru dan siswa dalam pembuatan video dengan 2 kategori, yaitu Video Pendidikan dan Video Eksplorasi Kebudayaan di Indonesia. Tahapan pelaksanaan kategori Video Pendidikan adalah guru mengakses http://ensiklomedia.tve.kemdikbud.go.id lalu memilih topik video yang menarik. Dalam setiap video yang dipilih, guru membuka Saung Diskusi, di dalamnya guru dapat memberikan minimal 10 topik tantangan. Siswa bergabung dalam Saung Diskusi dan mengerjakan tugas sesuai topik tantangan yang dibuat oleh guru. Tahapan yang dilaksanakan untuk kategori Video Eksplorasi Kebudayaan Indonesia adalah guru atau siswa mengunjungi objek budaya dan membuat program video dengan durasi minimal 5 menit dalam format mp4 HD. Kemudian diunggah di http://ensiklomedia.tve.kemdikbud.go.id dengan tag #Ensiklomedia Explorer.

Tinggalkan Balasan