PD Kebersihan Raih Omset Tinggi

BANDUNG – Perusahaan Daerah (PD) Kebersihan Kota Bandung mampu meraup keuntungan sebesar Rp 39 miliar. Hal ini menunjukan sebagai perusahaan pelayanan publik, PD Kebersihan semakin berkembang.

Wakil Wali Kota, Oded M. Danial mengapresiasi perkembangan yang dialami oleh PD Kebersihan. Sebab, perkembangan dari PD Kebersihan ini sudah sangat signifikan. Bahkan, diumurnya yang ke 33 tahun harus lebih baik lagi.

’’Ini membuktikan kinerja pelayanan kepada masyarakat sudah baik terutama dalam urursan lingkungan, yaitu kebersihan di Kota Bandung,” kata Oded M. Danial pada peringatan HUT ke-33 PD Kebersihan kemarin. (3/9).

Dia mengatakan, untuk lebih optimal dukungan pertama political will akan selalu diberikan kepada PD Kebersihan selama lima tahun sebagai Wali Kota.

’’ Saya selalu memberikan dukungan baik dalam bentuk moral ataupun sisi anggaran. Alhamdulilah menjadi semangat buat mereka,” Kata Oded.

Dia mengatakan, meskipun perusahaan daerah itu harus menghasilkan keuntungan. Namun, pelayanan kepada masyarakat harus menjadi terdepan.

“PD (Perusahaan Daerah) itu memang rata-rata dua sisi. Satu sisi pelayanan kepada masyarakat dan sisi lain benefitnya,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama PD Kebersihan, Deny Nurdyana mengatakan, sebagai perusahaan daerah, ada dua hal yang menjadi tugas untuk menjadi BUMD yang terdepan.

“Perusahaan daerah itu ada dua hal pokok. Satu pelayanan kepada publik. Kedua, harus memberikan kontribusi keuntungan,” katanya.

Menurutnya, PD Kebersihan Kota Bandung mendapatkan profit yang cukup baik. Tahun ini, PD Kebersihan mampu meraih keuntungan sebesar Rp 39 miliar.

“Alhamdulilah, PD Kebersihan bisa memperoleh profit. Artinya kita sudah bisa memberikan kontribusi ke PAD (pendapatan asli daerah, red) meski sedikti,” kata dia.

Menurut Deny, Keuntungan PD Kebersihan diperoleh salah satunya melalui penanganan sampah komersial. Bahkan, kedepannya terus profit dan menguntungkan.
’’Tahun ini terbesarnya dari penanganan komersial. Saat ini, semua hotel-hotel dan sebagainya sudah ditangani oleh PD Kebersihan. Ini yang memiliki nilai ekonominya,” tutur Deny.

Pada acara tersebut, Bank bjb menyerahkan Corporate Social Responsibility (CSR) senilai Rp 496 juta berupa 2 unit sepeda motor roda tiga, 100 tong sampah terpilah peruntukan di pinggir jalan, 80 rompi untuk penyapu jalan, dan 100 pack polyback besar.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan