oleh

Bentuk Badega Lingkungan

SOREANG – Untuk meningkatkan pengawasan di wilayah zona Industri, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung membentuk penggiat lingkungan dengan nama Badega.

Kepala DLH Kabupaten Bandung Asep Kusumah mengatakan, badega dibentuk untuk meningkatkan pengawasan pada pengelolaan dan pananganan lingkungan di Industri.

’’ini dilakukan dengan melibatkan semua teakholder khususnya warga masyarakat,” Jelas Asep kepada usai membuka pelatihan Badega lingkungan kemarin, (16/7)

Menurutnya, peran masyarakat untuk ikut campur dalam lingkungan sangat penting. Sebab, masyarakat yang tergabung dalam Badega ini, nantinya akan berperan untuk ikut menyosialisaikan masalah lingkungan kepada warga.

Asep menuturkan, pihaknya melakukan rekrutmen 10 orang warga Kabupaten Bandung untuk secara bersama sama bisa kolaborasi dalam pengawasan secara efektif, positif dan bisa dipertanggungjawabkan.

Meski baru 10 orang yang di rekrut baru penggiat lingkungan ini akan disebar di 5 segmen industri berdasrkan pengalaman yang dimiliki mereka.

Lebih lanjut asep menjelaskan. tupoksi pergerakan Badega lingkungan nantinya, tidak bergerak langsung tetapi kalau menemukan indikasi pelanggaran lingkungan, mereka akan melakukan koordinasi dengan steakholder di wilayah yang masuk katagori segmen industri.

“Kalau menemukan potensi perusakan lingkungan, badega lingkungan akan koordinasi denga perangkat wilayah mulai Rt/Rw, tokoh masyarakat. Untuk memahami apa yang terjadi disana, dan kita siap mendorong untuk merespon secara cepat dan tepat,” akunya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 komentar

Baca Juga