KB, Tingkatkan Mutu Kehidupan

Sedangkan Direktur Rumah Sakit Kebon Jati, Junandi Suryautama menambahkan, tindakan MOP/MOW itu salah satu yang cukup rumit, maka pihaknya pun terus berkontribusi agar pelayanan semakin prima.

“Pihak kita pun menyambut baik kerjasama ini, yang salah satunya bagian dari program pemerintah maka kami dukung,” katanya.

Perlu diketahui, Kontrasepsi Mantap (kontap) adalah suatu tindakan untuk membatasi keturunan dalam jangka waktu yang tidak terbatas. Hal ini dilakukan terhadap salah seorang dari pasangan suami-istri atas permintaan yang bersangkutan, secara mantap dan sukarela. Kontap dapat diikuti baik oleh wanita maupun pria.

Tindakan kontap pada wanita disebut kontap wanita atau  MOW (Metoda Operasi Wanita ) atau tubektomi, sedangkan pada pria MOP (Metoda Operasi Pria) atau vasektomi.Kontrasepsi mantap pada wanita  atau  MOW (Metoda Operasi Wanita) atau tubektomi, yaitu tindakan pengikatan dan pemotongan saluran telur agar sel telur tidak dapat dibuahi oleh sperma.

Kontrasepsi mantap pada pria atau MOP (Metoda Operasi Pria) atau vasektomi yaitu tindakan pengikatan dan pemotongan  saluran benih agar sperma tidak keluar dari buah zakar. Sebagai cara kerjanya, Tubektomi (MOW) Perjalanan sel telur terhambat karena saluran sel telur tertutup, sementara itu Vasektomi (MOP) Saluran benih tertutup, sehingga tidak dapat menyalurkan sperma.

Secara umum keuntungan kontap wanita dan pria dibandingkan dengan kontrasepsi lain adalah lebih aman, karena keluhan lebih sedikit dibandingkan dengan cara kontrasepsi lain. Lebih praktis, karena hanya memerlukan satu kali tindakan saja. Lebih efektif, karena tingkat kegagalannya sangat kecil dan merupakan cara kontrasepsi yang permanen dan lebih ekonomis, karena hanya memerlukan biaya untuk satu kali tindakan saja. (pan/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan