Berbagai Penghargaan Diraih KBB

NGAMPRAH – Berbagai torehan prestasi sejumlah penghargaan didapat oleh Kabupaten Bandung Barat (KBB) sepanjang tahun 2017 patut diapresiasi.

Kabupaten yang baru menginjak usia 10 tahun ini, ternyata sudah mampu bersaing dengan kabupaten/kota lainnya di Indonesia untuk menjadi kabupaten terbaik di berbagai bidang.

Torehan prestasi seperti, predikat kabupaten yang peduli anak. Dengan anugrah Kabupaten Layak Anak dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia Yohana S. Yembise pada acara Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) diraih di tahun ini.

APRESIASI KHUSUS: Berbagai pengahargaan diterima pemerintahan KBB, baik tingkat nasional mapun yang diberikan Provinsi Jabar.

Selain itu, KBB kembali menorehkan prestasi membanggakan . dengan 4 desa meraih penghargaan program Perpuseru Tingkat Nasional. Hali ini, diberikan atas dedikasi dan komitmen desa yang menjadikan perpustakaan sebagai pusat belajar masyarakat berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

Empat desa tersebut, yaitu Desa Cibodas, Kecamatan Lembang, Desa Nanggeleng, Kecamatan Cipeundeuy yang meraih penghargaan Perpuseru Nominasi Perpustakaan Desa Terbaik. Dua desa lainnya, yaitu Desa Giriasih, Kecamatan Batujajar dan Desa Mekarmukti, Kecamatan Cihampelas yang meraih penghargaan Perpuseru Nominasi Video Impact Terbaik.

APRESIASI KHUSUS: Perhatian Bupati kepada masyarakat yang berpartisipasi dalam pembangunan daerah.

Selain penghargaan tersebut, KBB juga meraih beberapa penghargaan lainnya, yaitu Perpuseru Nominasi Lapak Jongkok Terbaik (Dinas Kearsipan dan Perpustakaan KBB), Perpuseru Nominasi Koreografi Terbaik, dan Honorable Mention Penghargaan Perpuseru (Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan KBB).

Prestasi lainnya, datang dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terhadap 57 daerah otonom pembentukan 2007-2009. Tercatat empat daerah meraih nilai sangat tinggi, 42 daerah masuk kategori nilai tinggi, 10 daerah nilai sedang dan satu daerah meraih nilai rendah.

Penilaan berdasarkan data evaluasi kinerja penyelenggaraan Pemda sesuai PP Nomor 3/2007 tentang Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah kepada Pemerintah, dan Laporan Pertanggungjawaban Kepala Daerah kepada DPRD dan LPPD Pemda.

Keempat daerah yang meraih nilai sangat tinggi masing-masing Kabupaten Bandung Barat dengan skor (3.2589). Kemudian Toraja Utara (3.0728), Tangerang Selatan (3.0338) dan Kota Sungai Penuh (3.0242).

Tinggalkan Balasan