Jangan Sulut Kembang Api

BANDUNG – Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil mengimbau warganya untuk menyalakan kembang api pada malam pergantian tahun 2017 ke 2018.

”Jangan nyalakan kembang api di perumahan. Satu bahaya, Dua bisa nyasar kemana saja,” imbau Ridwan ditemui di Jalan Soekarno Kota Bandung, kemarin (27/12).

Selain itu, untuk menikmati malam Tahun Baru 2018 dia juga mengajak warganya untuk menggunakan angkutan umum. ”Di mana- mana kalau ada keramaian, saran saya hindari naik kendaraan pribadi. Kalau bisa berkelompok semobil banyak, kalau bisa berjalan kaki, bersepeda. InsyaAllah dengan cara begitu kota ini sangat mudah dinikmati tanpa merepotkan diri sendiri karena memang kota ini selalu favorit,” sambungnya.

Dia memprediksi di malam Tahun Baru 2018, jumlah wisatawan domestik maupun mancanegara yang akan merayakan tahun baruan di Kota Bandung akan mengalami peningkatan signifikan. ”Turisnya saja naik Satu juta, sudah hampir Tujuh juta wisatawan tahun ini. Dari tahun sebelumnya yang hanya sekitar Enam juta, jadi memang padat sekali. Intinya, jaga kebersihan jaga ketertiban,” tandasnya.

Disinggung bagaimana untuk mengurai kemacetan yang pada momen momen banyak massa sering terjadi. Dia menyebutkan, untuk mengurai kemacetan itu pihaknya telah melakukan beberapa rekayasa. Salahsatunya dengan tidak menitikberatkan keramaian di pusat kota, namun disebar di tiga titik berbeda.

”Silakan pilih, jika mau ikutan program Pemkot ada Tiga lokasi car free night di Asia Afrika, Alun-Alun, di timur dipusatkan di Alun-alun Ujungberung, di Barat dipusatkan di Alun-alun Cicendo yang baru. Sehingga tidak terpusat semua ke tengah, jadi terbagi ada yang barat, tengah dan timur, InsyaaAllah kita rayakan dengan kegembiraan dan juga kontempelasi, muhasabah di akhir tahun,” ujar wali kota yang akrab disapa Emil itu. (pan/ign)

Tinggalkan Balasan