oleh

Nama Udin dan Prabangsa Terpahat di Tugu Memorial

Wartawan merupakan profesi yang berisiko tinggi. Nyawa bisa jadi terancam. Itulah salah satu pesan yang dituangkan di galeri Newseum, Washington DC. Wartawan Jawa Pos Radar Kediri MOHAMMAD SYIFA yang sedang menempuh pendidikan master di Ohio University sempat mengunjungi museum itu.

Newseum. Gabungan kata news dan museum. Museum tentang surat kabar. Tentang berita. Lokasinya di ibu kota Amerika Serikat, Washington DC. Kota yang memang terkenal dengan museum-museumnya. Yang koleksinya termasuk terlengkap di dunia.

Baca Juga:  Ridwan Kamil: Segala Jenis Mudik Dilarang!

Posisi museum itu sangat strategis. Di Pennsylvania Avenue. Antara gedung Capitol dan White House. Setiap hari dilintasi lalu-lalang ribuan orang.

Pada hari-hari kerja, museum itu buka pukul 09.00 hingga 17.00. Namun, khusus Minggu baru buka mulai pukul 10.00.

Jika dibandingkan dengan museum-museum lain seperti di Smithsonian Institution yang berdiri sejak 1846, Newseum tergolong paling baru. Yakni, baru didirikan pada 2008. Namun, cikal bakal Newseum sudah ada di Arlington, Virginia.

Baca Juga:  Presiden Jokowi Luncurkan Gerakan Cinta Zakat

Untuk mengunjungi museum kebebasan pers itu, pengunjung bisa memesan tiket secara online. Tidak harus antre di loket yang terkadang bisa panjang. Harganya USD 24 (Rp 319.200 dengan kurs USD 1 = Rp 13.300) untuk dewasa. Dengan demikian, saat datang, pengunjung tinggal masuk.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga