Sanitasi Toilet Sekolah Masih Rendah

bandungekspres.co.id, CIBEUNYING KALER – Meski secara fisik sudah memenuhi standar, namun toilet sekolah di Kota Bandung dinilai belum baik. Khusus untuk sanitasi toiletnya, masih di kisaran 50 persen.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung Ahyani Raksa Negara mengatakan, toilet merupakan sanitasi dasar yang harus dipenuhi dalam menciptakan sekolah yang sehat. Sebab, siswa dapat menghabiskan waktu 8 jam melakukan kegiatan di sekolah dan toilet menjadi salah satu area yang pasti dikunjunginya selama di sekolah.

Menurutnya, standar kesehatan itu sebenarnya merupakan bagian dari sekolah sehat. Di mana masuknya lewat program UKS, semua sekolah sudah dilakukan sosialisasi.

”Kita sudah bekerjasama dengan Dinas Pendidikan bahwa semua harus memenuhi standar sekolah sehat. Sudah ada yang memenuhi standar tapi ada juga yang harus ditingkatkan,” kata Ahyani, kemarin (2/12).

Ahyani mengungkapkan, standarnya, toilet pria dan perempuan di sekolah harus terpisah dengan rasio 1:40 untuk lelaki dan 1:25 untuk perempuan. Namun, secara keseluruhan toilet di Kota Bandung sudah memenuhi standar yang telah diklasifikasikan dengan level 1,2 dan 3.

Sementara itu, beberapa sekolah pun telah mendapatkan penghargaan sebagai sekolah sehat seperti sekolah SMA 8, SMA 2, SMP 13.

”Di Kota Bandung harus ditingkatkan. Kalau memang disebut toilet sehat, air bersih terus (mengalir), ruangan perempuan dan laki-laki berpisah,” jelasnya.

Lebih lanjut Ahyani memaparkan, lingkungan sekolah yang sehat dapat mendukung proses belajar mengajar yang baik dan menunjang pertumbuhan dan perkembangan siswa secara optimal. ”Kalau sanitasinya bagus. Kesehatan anak-anak disekolah tersebut akan lebih terjamin,” tegasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung Elih Sudiapermana menegaskan, guna menciptakan sekolah sehat di Kota Bandung, pihyaknya tengah melakukan persiapan kelengkapan maksimal untuk penyediaan air bersih, MCK, dan penataan lingkungan di sekolah. Meski begitu, dia mengakui memang belum semua sekolah telah mencapai sekolah sehat.

”Dari sisi jumlah memang beberapa sekolah belum mencapai itu, tapi dari sisi kualitas, pak Wali Kota Bandung (Ridwan Kamil) ingin WC sekolah sekelas bintang 3. Paling tidak itu yang kita upayakan, seperti terkelola dengan baik kebersihannya, tersedia air, dan tata lingkunganya,” pungkasnya.   (dn/rie)

Tinggalkan Balasan