PT Pos Indonesia Dorong Inovasi Layanan Publik

Dia mengemukakan, sejumlah provinsi lain sudah melirik layanan sejenis, misalnya Sumatera Utara yang sudah datang ke Surabaya untuk mempelajari layanan ini. Selain itu, lanjutnya, Jawa Barat pun sudah berbicara tentang layanan sejenis.

Untuk memperluas layanan pembayaran dan pick-up delivery PKB lewat Kantor Pos ini, lanjutnya, PT Pos sedang mencari manufaktur yang bisa memproduksi mesin embosser dalam jumlah banyak.

”Kalau kita sudah menemukan manufaktur yang bisa memproduksi mesin ini, kota lain tidak perlu membuatnya masing-masing, disatukan saja dan PT Pos bisa bantu pengirimannya ke seluruh wilayah. Layanan ini keren. Ini harus di-copy seluruh kota,” tegasnya.

Selanjutnya, tambah Gilarsi, Dispenda provinsi lain harus menyiapkan infrastruktur internalnya. Berkaca dari Jatim, Dispenda di provinsi itu sudah memiliki server, punya kapasitas, dan data analytic-nya sudah berjalan baik. Sepanjang ada koneksi internet, tegasnya, otomatis datanya update.

Di Jawa Timur, katanya, saat ini baru tersedia 5 mesin embosser dan pada tahun depan akan ditambah lagi 40 mesin embosser untuk ditempatkan di kota/kabupaten lainnya di Jawa Timur. (rls/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan