2.100 Lowongan Pekerjaan Dibuka

bandungekspes.co.id,BATUJAJAR –  Sebanyak 2.100 lowongan pekerjaan ditawarkan dari 38 perusahaan kepada masyarakat Kabupaten Bandung Barat. Hal ini sesuai dengan program Kementerian Ketenagakerjaan bekerja sama dengan Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Bandung Barat. Bursa kerja di Gedung Sudirman Kompleks Pusdikpasus Batujajar, rencananya hanya digelar selama dua hari hingga hari ini, (26/8).

‪Sekretaris Daerah (Sekda) Bandung Barat Maman Sulaiman Sunjaya mengungkapkan, lowongan yang ditawarkan ini menjadi kesempatan bagi masyarakat untuk bekerja. ”Sasarannya, kita (Pemkab Bandung Barat) ingin terus menekan angka pengangguran di Bandung Barat,” kata Maman usai membuka bursa kerja, Kamis (25/8).

Selain itu, pihaknya ingin meningkatkan sumber daya manusia. Lebih jauh Maman menjelaskan, saat ini, jumlah pengangguran sekitar 62.000 orang dari angkatan kerja 1,1 juta orang. Dengan terus membuka lowongan pekerjaan ini, diupayakan waktu ke waktu angka pengangguran terus berkurang.

Perusahaan yang ada di Kabupaten Bandung Barat cukup banyak dan berkategori perusahaan besar. ”Kita inginkan perusahaan yang ada di Bandung Barat bisa menyerap tenaga kerja di sini juga,” ucapnya.

Sementara itu, Kadinsosnakertrans Bandung Barat  Heri Partomo menambahkan bursa kerja rutin digelar setiap tahun. Kali ini, perusahaan yang terlibat terdiri atas 31 perusahaan dari Bandung Barat dan 7 perusahaan dari Kota Bandung.

”Mereka (perusahaan) terdiri dari berbagai bidang, di antaranya tekstil, garmen, pariwisata, dan kuliner,” ungkapnya.

Sementara posisi yang ditawarkan mulai dari tenaga operasional hingga manager untuk tingkat pendidikan SMA hingga sarjana. ‪Selain menggelar bursa kerja, lanjut Heri, pihaknya juga rutin menggelar pelatihan keterampilan kerja bagi masyarakat, terutama lulusan SMA/SMK.

Pelatihan tersebut juga salah satu upaya untuk meminimalisasi pengangguran di Bandung Barat. Diakui olehnya setiap tahun angka pengangguran mengalami penurunan. Akan tetapi, pihaknya masih menganggap angka tersebut masih tinggi.

”Hal inilah yang menjadi perhatian serius pemerintah daerah untuk terus berusaha melalui berbagai program kegiatan pengentasan masalah pengangguran di Bandung Barat,” jelasnya.

‪Sementara itu, bursa kerja di Batujajar disambut antusiasme warga. Ribuan orang datang untuk melamar kerja di berbagai perusahaan. Mereka juga sudah menyiapkan berbagai persyaratan administrasi, seperti ijazah dan lainnya. Para pencari kerja rela mengantre untuk mendapatkan kesempatan untuk bekerja di perusahaan. (drx/nit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan