Hadir 100 Persen, PNS Jabar Patuh

Kendati tidak ada sidak, sahut Oded, jika masih ditemukan ada PNS yang tidak masuk kerja tepat waktu, maka Pemkot Bandung akan memberikan sanksi tegas. Bagi yang tidak taat aturan, kata politikus PKS tersebut, maka pimpinan SKPD berwenang memberikan teguran tertulis.

Menyikapi hal itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kota Bandung dr. Gunadi Sukma Bhinekas mengatakan, sidak ke SKPD memang tidak dilakukan. Sebab, absensi PNS bisa termonitor langsung.

Dia memaparkan, semua SKPD Pemkot Bandung sudah menerapkan sistem absensi terintegrasi atau sistem absensi online yang dinamakan Sistem Informasi Absensi Presensi (SIAP). ”Maka, atas laporan itu tercatat tidak kurang dari 99,95 persen PNS Kota Bandung masuk kerja pada hari pertama usai libur Lebaran,” jelasnya.

Dia memerinci, sistem ini sudah dilakukan uji coba sejak awal Januari  2016 dan efektif mulai Juni kemarin. Sehingga Pemkot Bandung langsung mengetahui tingkat kedipilinan PNS.

Dalam pandangan mantan Kepala Bappeda ini, disiplin seharusnya  menjadi kesanggupan PNS untuk menaatinya. Untuk itu, terselip kewajiban yang harus dilakukan setiap PNS. Salah satunya,  disiplin masuk kerja, melalui  ketentuan jam kerja, guna capaian  kerja yang ditetapkan.

”Peraturan itu tertuang dalam Ketentuan Pelaksanaan PP Nomor 53 tahun 2010, termasuk Pelaksanaan PP Nomor 46 tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja PNS,” tukas Gunadi.

Di bagian lain, Bupati Bandung H. Dadang Mochamad Naser meminta seluruh PNS lingkup Pemerintah Kabupaten Bandung bisa menjadi teladan bagi warga Kabupaten Bandung. Keteladanan tersebut, menurut Dadang salah satu contohnya dengan menumbuhkan kedisplinan untuk menjaga lingkungan.

Dari sejumlah misi pembangunan yang diusung Pemkab Bandung, menurut Dadang, persoalan lingkungan masih  dianggap paling berat dalam mengatasinya.

”Terutama dalam masalah sampah. Perlu kesadaran, kedispilinan dan kerjasama berbagai pihak.  PNS bisa menjadi contoh terdepan untuk masyarakat,” ungkapnya saat memimpin apel Pagi PNS lingkup Pemkab Bandung, di Lapangan Upakarti Soreang, kemarin (11/07).

Dadang mengatakan, selain disdasari kesadaran warga, prilaku hidup sehat seorang PNS turut memotivasi warga untuk sama-sama mencintai lingkungan. ”Jika dihadapi dengan kebersamaan, kesadaran dan tanggung jawab bersama,  persoalan lingkungan di Kabupaten Bandung dapat teratasi,” harapnya. Usai apel pagi, bupati bersama perangkat terkait bersilaturahmi dalam acara Halal Bilhalal di Bale Rame Sabilulungan Soreang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan